Apa Itu Nit Kecerahan (Brightness) pada Layar Digital?

 

Apa itu nit kecerahan brightness pada layar digital

Gadget modern seperti ponsel cerdas (smartphone), tablet, latop, PC, maupun TV sangat mengandalkan spesifikasi layar (screen) sebagai salah fitur utamanya. Ukuran diagonal layar, ukuran bezel, dan rasio layar (screen-to-body ratio) adalah fitur yang paling mudah dikenali semua orang karena kasat mata. Namun ada beberapa fitur lainnya yang berkaitan dengan kualitas layar yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih perangkat dengan layar yang lebih baik.

Cara termudah untuk mengetahui fitur lengkap mengenai layar gadget anda adalah dengan melihat spesifikasinya. Membaca spesifikasi membantu anda membandingkan fitur gadget yang sekelas. Seringkali perbedaan spesifikasi yang tidak kasat mata ini menjelaskan perbedaan harga dua perangkat yang sejenis.

Salah satu besaran layar digital yang jarang diperhatikan adalah angka nit kecerahan layar. Ini berbeda dengan angka rasio kontas (contrast ratio). Apa itu angka nit kecerahan layar digital? Apa pengaruhnya pada kenyamanan perangkat? Berikut ini pembahasan mengenai hal tersebut.

 

Pengertian Angka Nit Kecerahan Layar Digital

Nit adalah satuan besaran kecerahan layar digital. 1 nit sama dengan 1 candela per meter persegi (cd/m2). Karena ini adalah ukuran per meter persegi, angka nit tidak ada hubungannya dengan ukuran layar. Layar bioskop, yang secara eksklusif digunakan di lingkungan gelap, biasanya sekitar 50 nit, sedangkan ponsel, yang banyak digunakan di luar ruangan, memiliki kecerahan setidaknya 300 nit.

TV di ruang gelap

Proyektor bioskop mungkin memancarkan lebih banyak cahaya total (diukur dalam satuan lumen) daripada ponsel (smartphone) manapun. Namun demikian sebuah ponsel mengemas lebih banyak cahaya ke dalam ruang yang lebih kecil. Itu sebabnya menggunakan ponsel selama pemutaran film di bioskop sangat tabu; karena terangnya layar ponsel jauh melebihi terangnya layar bioskop.

Saat membaca spesifikasi angka nit kecerahan layar sebuah perangkat, angka nit yang tertulis adalah angka nit maksimal. Saat anda menggunakan ponsel dengan moda pengaturan kecerahan otomatis, anda tidak perlu mengatur kecerahan setiap kali menggunakannya di tempat yang lebih gelap atau lebih terang. Anda bisa mengecek bahwa ponsel anda tidak pernah menggunakan kecerahan maksimum 100 persen.

 

Candela, Nit, dan Lumen

Satuan intensitas cahaya dalam satuan sistem internasional (SI) adalah candela (cd). 1 candela setara dengan cahaya yang berasal dari sebuah lilin. Satuan ini digunakan secara umum untuk menyatakan tingkat terangnya cahaya dari sumber cahaya apapun.

 

Ponsel di ruang yang gelap

Didefinisikan 1 nit sama dengan 1 candela per meter persegi (cd/m2). Jika layar ponsel anda memiliki 300 nit artinya¬† terangnya layar ponsel tersebut sama dengan 400 candela per meter persegi. Kata nit berasal dari bahasa Latin “nitere,” yang berarti bersinar. Ini bukan satuan standar SI.

Lumen mengukur intensitas keseluruhan sumber cahaya. Misalnya, pencahayaan total yang disebabkan oleh layar TV diukur dalam satuan lumen. Saat anda membeli sebuah lampu LED, anda akan melihat besaran lumen sebagai ukuran standar level terang lampu tersebut.

 

Untuk Apa Angka Nit yang Besar?

Jika anda menggunakan perangkat yang redup di hari yang cerah, anda akan mengerti mengapa angka nit penting. Layar perangkat anda harus lebih terang daripada sumber cahaya di sekitarnya agar dapat dibaca dengan jelas. Untuk layar perangkat yang selalu berada di ruangan yang relatif gelap, anda mungkin tidak akan menaikkan kecerahan layar, jadi memiliki angka nit tinggi tidak akan banyak membantu. Contoh perangkat seperti ini adalah layar GPS di dalam mobil.

Ponsel di tempat yang terang

Secara umum semakin tinggi angka nit maka semakin bagus kualitas kecerahan layar tesebut. Namun angka nit bukan satu-satunya ukuran kualitas layar digital. Faktanya, anda bahkan hampir tidak pernah mengatur kecerahan layar sampai 100 persen kecerahan maksimum. Perbedaan kecerahan maksimum dua perangkat sejenis hampir tidak bisa dibedakan secara kasat mata.

 

Kecerahan Berbagai Layar Perangkat

Angka nit kecerahan layar pada berbagai perangkat akan terus ditingkatkan untuk kenyamanan pengguna. Namun pada dasarnya besaran angka nit kecerahan layar yang ada saat ini sudah nyaman di mata. Berikut angka nit kecerahan pada berbagai perangkat yang ada saat ini.

  • Ponsel cerdas dan tablet: 300 nit hingga 1500+ nit
  • Laptop dan monitor PC: 200 nit hingga 600+ nit
  • TV: 100 nit hingga 2000+ nit