Apa Itu Pixel pada Gambar Digital?

Pixel pada gambar digital

Pixel adalah kosa kata yang relatif baru karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Penggemar fotografi, seniman grafis dan editor video bisa jadi kelompok yang paling fasih menggunakan istilah ini. Hal ini karena pixel berkaitan erat dengan property gambar (image) digital.

Dengan semakin populernya ponsel sebagai perangkat pembuatan foto dan video, semakin banyak orang yang mengenal istilah pixel. Kebanyakan orang mengenal fitur kamera ponsel berdasarkan seberapa besar megapixel kameranya. Secara mudahnya semakin tinggi angka megapixel kamera, maka akan semakin tajam dan detil foto dan video yang dihasilkan.

Teknologi layar digital turut pula mempopulerkan istilah pixel. Saat ini ketajaman detil gambar digital dinyatakan dalam resolusi. Satuan dari ukuran standar resolusi adalah pixel. Saat seseorang memilih TV, laptop, tablet, ponsel, atau perangkat berlayar digital lainnya, resolusi menjadi salah satu spesifikasi yang paling diperhatikan.

 

Pengertian Pixel

Pixel singkatan dari “picture element” atau elemen gambar adalah unit dasar warna yang dapat diprogram pada layar komputer atau gambar (image) komputer. Pixel adalah unit terkecil dalam tampilan digital. Hingga jutaan pixel membentuk gambar atau video di layar digital.

Susunan pixel dalam kisi dua dimensi
Susunan pixel dalam kisi dua dimensi

Setiap pixel terdiri dari subpixel yang memancarkan warna “merah hijau biru” (red green blue, RGB), yang ditampilkan pada intensitas yang berbeda. Komponen warna RGB membentuk keseluruhan warna berbeda yang muncul pada layar atau monitor komputer. Saat merujuk resolusi layar, angka seperti 1920 x 1080 mengacu pada jumlah pixel.

 

Bagaimana Piksel Menghasilkan Warna Berbeda?

Jumlah pixel menentukan resolusi monitor komputer atau layar TV, dan umumnya semakin banyak pixel, semakin jelas dan tajam gambarnya. Resolusi TV Full Ultra-High-Definition 8K terbaru di pasaran adalah sekitar 33 juta pixel – atau 7680 x 4320.

Jumlah pixel dihitung dengan mengalikan pengukuran pixel horizontal dan vertikal. Misalnya, HD (high definition) memiliki 1.920 pixel horizontal dan 1.080 pixel vertikal, sehingga totalnya 2.073.600. Biasanya ditampilkan dalam format W x H sebagai 1920 x 1080 atau disingkat 1080p. P adalah singkatan dari “progressive scan” (pemindaian progresif). Resolusi video 4K, misalnya, memiliki pixel empat kali lebih banyak daripada Full HD, dan 8K memiliki pixel 16 kali lebih banyak daripada 1080p.

Kisi pixel pada gambar digital

Setiap pixel terdiri dari subpixel merah, hijau, dan biru yang menyala pada intensitas berbeda untuk menciptakan warna berbeda. Informasi warna spesifik yang dideskripsikan oleh pixel adalah campuran dari tiga komponen spektrum warna – RGB. Hingga tiga byte data dialokasikan untuk menentukan warna pixel, satu byte untuk setiap komponen warna utama. “True color” atau sistem warna 24-bit menggunakan tiga byte. Namun, banyak sistem tampilan warna hanya menggunakan satu byte, yang membatasi tampilan hingga 256 warna berbeda.

Setiap pixel adalah persegi yang tersusun dalam kisi dua dimensi yang seragam. Setiap pixel memiliki alamat logis. Hal ini memungkinkan pixel dapat diatur dengan program komputer.

 

Seberapa Besar Pixel?

Ukuran fisik pixel tergantung pada resolusi yang ditetapkan untuk tampilan layar. Jika tampilan diatur ke resolusi maksimumnya, ukuran fisik pixel akan sama dengan “dot pitch” atau ukuran titik dari tampilan. Tetapi jika resolusi diatur ke nilai yang kurang dari resolusi maksimum, pixel akan lebih besar dari ukuran fisik titik layar – yaitu pixel akan menggunakan lebih dari satu titik.

 

Apa Itu Megapixel (MP)?

Prefiks “mega” pada satuan besaran memiliki arti “juta”. Satu megapixel (MP) adalah satu juta pixel. Istilah megapixel paling sering muncul dalam fotografi; namun, resolusi layar dapat diukur dalam megapixel. Misalnya, ukuran 4K kira-kira 12 MP dan 1080p adalah 2,1 MP.

Dalam fotografi, megapixel biasanya mengacu pada resolusi gambar dan jumlah elemen sensor gambar di kamera digital. Misalnya, sebuah kamera digital dapat mengambil foto 24,2 MP, artinya gambar yang dapat dihasilkan berukuran 24.200.000 pixel.

 

Perbedaan PPI dan DPI

Berbicara mengenai ketajaman gambar digital, ada dua terminologi yang agak mirip yaitu PPI (pixel per inch) dan DPI (dot per inch). PPI adalah jumlah pixel yang terkandung dalam satu inchi gambar digital. Sebaliknya, DPI adalah jumlah titik yang dicetak dalam satu inchi dari gambar yang dicetak. Perbedaan utama antara kedua istilah tersebut adalah bahwa PPI adalah kualitas gambar digital yang ditampilkan di layar, sedangkan DPI adalah kualitas gambar fisik yang dicetak. Titik-titik dalam DPI mengacu pada jumlah titik tinta yang dicetak.