Apa itu RAM (Random Access Memory) pada Komputer, Tablet, dan Ponsel

Kartu ram komputer

Berbicara tentang gadget elektronik idaman, orang pasti sangat berkepentingan dengan angka RAM. Saat memilih komputer, laptop, tablet, atau ponsel, angka RAM menjadi preferensi utama selain merk dan tipe. Pada dasarnya semakin besar angka RAM sebuah perangkat maka semakin handal kinerja perangkat tersebut.

Pada dasarnya RAM adalah nama tipikal komponen fisik utama pada PC (personal computer). Hari ini gadget elektronik pada prinsipnya menggunakan “otak” komputer. Oleh karena itu maka RAM menjadi fitur yang utama pada gadget elektronik.

Apa itu RAM dalam dunia komputer? Apa fungsi RAM dan apa bedanya dengan ROM? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut pembahasan mengenai RAM pada gadget elektronik.

 

Pengertian RAM (Random Access Memory)

RAM adalah singkatan dari “Random Access Memory”. RAM secara harfiah berarti “Memori akses Acak”. RAM adalah memori jangka pendek komputer, dimana data yang digunakan prosesor saat ini disimpan. Komputer anda dapat mengakses memori RAM lebih cepat daripada data pada hard disk, SSD, atau perangkat penyimpanan jangka panjang lainnya, itulah sebabnya kapasitas RAM sangat penting untuk kinerja sistem.

RAM

 

Apa Fungsi RAM?

RAM berarti memori akses acak, dan ini adalah salah satu elemen komputasi yang paling mendasar. RAM adalah bank memori sementara dimana komputer menyimpan data yang perlu diambil dengan cepat. RAM membuat data mudah diakses sehingga prosesor dapat dengan cepat menemukannya tanpa harus masuk ke penyimpanan jangka panjang untuk menyelesaikan tugas pemrosesan segera.

Setiap aplikasi yang dijalankan akan menggunakan RAM untuk setiap proses kerjanya. Semakin banyak dan kompleks proses yang dilakukan aplikasi, semakin besar RAM yang digunakan. Karena RAM mempengaruhi kecepatan komputasi, maka untuk beban kerja yang sama, sistem komputer dengan angka RAM yang lebih besar akan bekerja lebih cepat.  Tidak bisa dibantah bahwa angka RAM adalah ukuran standar kecepatan sistem komputer. Inilah yang menyebabkan angka RAM menjadi fitur utama bagi kinerja sistem komputer.

Setiap perangkat komputasi memiliki RAM, apakah itu komputer desktop (menjalankan Windows, MacOS, atau Linux), tablet atau smartphone (menjalankan Android atau iOS), atau bahkan perangkat komputasi IoT (seperti TV pintar). Hampir semua sistem komputer memiliki cara untuk menyimpan informasi untuk akses jangka panjang juga. Tetapi memori yang diperlukan untuk menjalankan proses yang sedang anda kerjakan disimpan dan diakses di RAM.

 

Perbedaan RAM dan ROM

Sebenarnya ada dua jenis memori pada sistem komputer. Selain RAM yang nerupakan memori akses acak, ada ROM. ROM adalah singkatan dari “Read Only Memory”, artinya memori hanya untuk baca. Keduanya saling bekerjasama dalam sebuah sistem komputer.

Jika RAM diperlukan sebagai ruang untuk melakukan proses eksekusi perintah, maka ROM adalah ruang penyimpanan data. Jadi ROM berlaku sebagai memori penyimpanan jangka panjang. Secara Umum, pada sebuah perangkat computer, ROM memiliki kapasitas yang lebih besar daripada RAM.

Saat anda membuka sebuah aplikasi di komputer misalnya Microsoft Word maka anda sedang menggunakan RAM. Loading program, mengetik naskah, mengedit, dan apapun yang anda kerjakan di jendela kerja anda semuanya menggunakan sumberdaya RAM. Saat anda menyimpan naskah tersebut, anda menggunakan ROM.

Pada dasarnya sistem komputer selalu melakukan beberapa tugas secara bersamaan (multitasking) dan semua proses tersebut menggunakan RAM. Beberapa proses bekerja secara otomatis contohnya pengecekan sistem, update software, koneksi internet, antivirus, dan lain sebagainya. Bolehlah kita ibaratkan RAM sebagai jalan raya, semakin lebar jalan tersebut maka akan semakin banyak mobil yang bisa lewat dan semakin lancar jalan tersebut. Dalam hal ini, ROM adalah tempat parkir yang keberadaannya tidak mempengaruhi lancar atau tidaknya jalan raya.

Pada ponsel, peran ROM sama persis dengan perannya pada PC atau laptop. Aplikasi pada ponsel anda sebenarnya adalah software. Beberapa aplikasi tampak sangat sederhana namun selalu terkoneksi dengan internet dan memberikan update berita atau penawaran produk. Untungnya ponsel tidak dirancang untuk melakukan pekerjaan komputasi yang berat sehingga secara umum RAM yag dibutuhkan sebuah ponsel relatif lebih kecil daripada RAM dibutuhkan sebuah PC atau laptop.

RAM komputer

 

Berapa Besar RAM yang Anda Butuhkan?

Semakin banyak RAM yang dimiliki komputer atau ponsel, semakin cepat ia berjalan. Saat membeli computer atau ponsel, anda memiliki beberapa pilihan kapasitas RAM: 4GB, 8GB, 16GB, atau bahkan lebih banyak memori (32GB, 64GB) jika anda menggunakan perangkat lunak pengeditan kelas atas atau seorang gamer yang antusias. Mudah bagi anda untuk memilih angka RAM terbaik, namun RAM tidak murah harganya.

Perangkat kelas bawah atau lawas biasanya dilengkapi dengan RAM 4 GB, sedangkan perangkat kelas atas (dan lebih mahal) memiliki RAM 8 GB atau 16 GB. Anda dapat menemukan komputer dan ponsel tingkat profesional dengan lebih banyak RAM.

 

Rekomendasi RAM untuk Komputer (PC dan Laptop)

Kebutuhan RAM pada komputer sangat bergantung pada seberapa besar sumberdaya memori yang diperlukan software/aplikasi yang digunakan. Berikut adalah rekomendasi RAM untuk sistem operasi atau perangkat keras komputer pribadi:

  • RAM 4 GB: Direkomendasikan untuk pengguna yang menjelajahi web, bekerja dengan aplikasi Office standar, dan melakukan pengeditan foto ringan.
  • 8 GB RAM: Direkomendasikan untuk pengguna multitasker berat atau gamer ringan.
  • RAM 16+ GB: Direkomendasikan untuk pengguna komputasi yang intensif, seperti game serius, pengeditan video, pemrograman, atau harus menjalankan beberapa tugas intensif secara bersamaan. Pendek kata, RAM 16+MB dibutuhkan pengguna yang menuntut kinerja tingkat profesional tanpa lemot.