Apa Itu Termostat pada Mesin dan Alat Listrik?

Setrika listrik panasonic

Anda mengenal dengan baik alat ukur yang disebut termometer. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur temperatur atau suhu. Alat ini akan menunjukkan besaran suhu dalam satuan derajat Celsius (C), derajat reamur (R), atau Fahrenheit (F).

Selain termometer, ada juga alat yang disebut termostat. Alat ini biasanya terdapat pada perangkat yang bekerja berdasarkan kendali suhu. Termostat terdapat pada berbagai mesin dan peralatan listrik seperti mesin mobil, AC, oven listrik, setrika listrik, dan lain sebagainya.

Termostat secara umum bukan termasuk alat ukur. Termostat mengatur kerja alat pada rentang suhu tertentu. Oleh karena itu termostat biasanya merupakan satu komponen penting dalam suatu peralatan mekanik atau elektrik yang bekerja berdasarkan perubahan panas atau kalor.

 

Pengertian Termostat dan Fungsinya

Termostat adalah alat yang digunakan sebagai saklar ON-OFF (hidup-mati) berdasarkan batas suhu tertentu. Termostat umumnya merupakan komponen pengatur kerja alat yang berkerja berdasarkan pengaturan suhu. Jadi fungsi termostat pada mesin atau peralatan listrik adalah sebagai saklar (switch).

Termostat setrika listrik

Pernahkan anda memperhatikan cara kerja alat-alat berikut? Kipas pendingin radiator pada mesin mobil akan menyala saat suhu mesin mobil mencapai suhu tertentu. Elemen pemanas pada setrika listrik akan bekerja pada rentang suhu tertentu yang diatur oleh pengguna. Kompresor pada AC ruangan tidak selalu bekerja, ia akan bekerja saat suhu ruangan naik melebihi batas suhu pengaturan.

 

Termostat Mekanik dan Termostat Elektronik

Termostat tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan jenis. Dua jenis termostat utama adalah termostat mekanik dan termostat elektronik. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai saklar ON-OFF pengoperasian mesin atau alat berdasarkan perubahan suhu. Saat ini, sebagian besar termostat baru adalah termostat elektronik atau termostat digital.

Termostat mekanik biasanya mengontrol suhu dengan menggunakan dua potongan metal (logam) yang memiliki angka koefisien muai yang berbeda. Karena dirakit menjadi satu maka saat menerima panas bimetal akan membengkok kearah metal dengan koefisen muai yang lebih kecil. Mekanisme pemuaian ini dimanfaatkan sebagai saklar ON-OFF untuk menyalakan dan mematikan sistem pemanas atau pendingin pada mesin atau alat berdasarkan pengaturan/seting suhu.

Termostat bimetal adalah tidak seakurat model elektronik digital. Dengan termostat bimetal suhu dapat bervariasi sebanyak lima derajat dari titik setel target. Namun, termostat mekanik masih banyak digunakan karena harganya yang lebih terjangkau.

AC split aqua

Termostat elektronik memiliki komponen internal yang mampu memberikan reaksi akurat dan responsif. Termostat elektronik melaksanakan kendali suhu berdasarkan pengukuran suhu sehingga lebih akurat. Pembacaan suhu tersebut menggunakan sensor suhu elektronik.

Termostat elektronik dapat dibuat dengan berbagai cara dan dapat menggunakan berbagai sensor untuk mengukur suhu. Output dari sensor kemudian mengontrol pemanasan atau pendinginan peralatan. Saat ini teknologi sensor umum termostat antara lain sebagai berikut.

  • Sensor mekanik atau elektrik bimetal
  • Pelet lilin mengembang
  • Alat termistor dan semikonduktor elektronik
  • Termokopel elektrik