Arti Circle, Triangle, Rectangle, dan Square pada Bidang 2D

 

Arti circle triangle rectangle dan square

Geometri adalah cabang matematika yang berhubungan dengan pengukuran, sifat, dan hubungan titik, garis, sudut, permukaan, dan solid. Dalam geometri anda akan sering berhubungan dengan bentuk pada bidang dan ruang. Geometri terutama mempelajari bentuk bidang dan ruang yang beraturan.

Dalam bidang dua dimensi kita mengenal banyak bentuk bidang beraturan. Bidang yang beraturan tersebut dapat kita pelajari sifat-sifatnya. Sifat-sifat tersebut antara lain sudut, garis, simetri lipat, perpotongan garis, dan lain sebagainya.

Bidang beraturan umumnya dapat kita hitung properti geometrinya dengan menggunakan rumus. Sebagai contoh, anda dapat menghitung keliling dan luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya. Anda juga dapat menggunakan rumus dasar untuk menghitung keliling dan luas setengah lingkaran atau seperempat lingkaran.

Adakalanya saat anda mempelajari atau menggunakan bentuk bidang, anda menemukan istilah asing. Hal ini terutama saat anda menggunakan referensi dari buku teks atau website berbahasa Inggris. Beberapa bentuk bidang tersebut antara lain circle, triangle, rectangle, dan square.

Bagi pengguna perangkat lunak di komputer maupun aplikasi ponsel terkadang diberikan pilihan seting bentuk bidang terutama saat membuat desain gambar. Anda beruntung jika perangkat lunak atau aplikasi tersebut menyediakan pengaturan (setting) bahasa, anda tinggal mengubahnya ke bahasa Indonesia. Saat menggunakan fasilitas berbasis online, anda juga mungkin akan menjumpai pilihan bentuk-bentuk bidang dalam bahasa Inggris.

Apa arti circle, triangle, rectangle, dan square dalam bidang 2 dimensi? Berikut penjelasannya.

Bentuk geometri circle triangle rectangle dan square

 

Circle Artinya Lingkaran

Circle dalam bahasa Inggris artinya lingkaran. Ini adalah salah satu bentuk geometri beraturan yang paling umum. Bidang lingkaran memiliki satu paremeter dimensi (ukuran) yaitu jari-jari atau diameter (diameter = 2 x jari-jari). Saat menggambar lingkaran, anda mungkin akan diminta untuk menentukan jari-jari atau diameternya.

 

Triangle Artinya Segitiga

Triangle dalam bahasa Inggris artinya segitiga. Ini juga adalah salah satu  bidang geometri beraturan yang paling umum. Bidang segitiga umumnya memiliki tiga paremeter dimensi (ukuran) yaitu panjang ketiga sisinya atau panjang dua sisi dan satu sudut. Untuk menggambar sebuah segitiga pada selembar kertas, anda memerlukan setidaknya satu sudut dan dua sisi.

Berdasarkan panjang sisi-sisinya, ada tiga jenis segitiga.

  • Equilateral Triangle artinya segitiga sama sisi
  • Isosceles Triangle artinya segitiga sama kaki
  • Scalene Triangle artinya segitiga sembarang

Macam-macam segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya

Berdasarkan besar sudut-sudutnya, segitiga dibedakan menjadi tiga macam.

  • Acute Triangle atinya segitiga lancip (ketiga sudutnya <90o)
  • Right Triangle artinya segitiga siku-siku (salah satu sudutnya 90o)
  • Obtuse Triangle artinya segitiga tumpul (salah satu sudutnya >90o)

 

Rectangle Artinya Persegi Panjang

Rectangle dalam bahasa Inggris artinya persegi panjang. Bentuk bidang ini adalah salah satu bentuk geometri beraturan yang paling populer. Bidang persegi panjang memiliki dua paremeter ukuran yaitu sisi panjang dan sisi pendek. Saat menggambar persegi panjang, anda memerlukan kedua parameter ini.

 

Square Artinya Persegi atau Bujursangkar

Square dalam bahasa Inggris artinya persegi atau bujursangkar. Square juga merupakan salah satu bentuk geometri beraturan yang paling umum. Bidang persegi atau bujursangkar memiliki satu paremeter ukuran yaitu sisi. Saat menggambar persegi atau bujursangkar, anda memerlukan parameter ini.