Arti CW (Clockwise) dan CCW (Counterclocwise) pada Orientasi Putaran

Anda biasa melakukan aktivitas yang melibatkan perubahan orientasi (arah) suatu benda. Penyesuaian tersebut bisa jadi dalam rangka penyetelan, pemasangan, koreksi, atau menggerakkan benda tersebut. Dalam hal ini putaran yang dimaksud adalah rotasi pada suatu sumbu putaran.

Pada saat membuat gambar, mengedit gambar, atau melakukan penyesuaian pada gambar kadang anda perlu melakukan putaran. Dalam hal hal ini gambar anda putar ke arah yang anda inginkan. Kadangkala anda diminta untuk membuat sudut putaran atau memilih orientasi putaran.

Pada saat memilih orientasi putaran tersebut anda diminta untuk memilih antara CW dan CCW. Apa arti istilah CW dan CCW dalam pengelolaan gambar tersebut? Berikut ini penjelasan arti serta perbedaan CW dan CCW.

Pada dasarnya memutar gambar dapat dilakukan dengan menentukan besarnya sudut putaran. Didefinisikan arah putaran positif adalah ke arah kiri. Sedangkan arah putaran negatif adalah ke arah kanan.

Saat anda meminta seseorang memutar suatu benda misalkan tombol pengaturan volume pada speaker, anda katakan putar ke kiri (untuk mengurangi volume suara) atau putar ke kanan (untuk menambah volume suara). Namun dalam bahasa Inggris hal ini tidak lumrah. Mereka pengguna bahasa Inggris terbiasa menggunakan istilah clockwise atau counterclockwise saat mengatakan arah putaran suatu benda.

Istilah clocokwise dan counterclockwise didasarkan pada arah perputaran jarum jam. Bagi mereka pengguna bahasa Inggris, membayangkan arah perputaran jarum jam lebih mudah dipahami. Lagipula semua orang tahu tentang arah pergerakan jarum jam.

Clockwise dan counter clockwise

 

Pengertian CW (Clockwise)

CW adalah singkatan dari clockwise yang berarti “searah jarum jam”. Istilah ini digunakan dalam penentuan arah (orientasi) putaran benda. Untuk istilah ini, bisa anda setarakan dengan istilah lokal “putar ke kanan”. Bagi sebagian orang istilah “searah jarum jam” lebih bisa diterima daripada istilah “putar ke kanan”. Semua orang tahu arah perputaran jarum jam, jika salah satu jarum jam bergerak dari angka 12 ke angka 3 pergerakannya adalah ke arah kanan. Tapi jika jarum jam tersebut bergerak dari angka 6 ke angka 9, maka pergerakannya adalah ke arah kiri. Jadi saat anda diminta untuk memutar suatu benda/objek dengan orientasi clockwise, anda bayangkan arah perputarannya sama dengan arah perputaran jarum jam.

 

Pengertian CCW (Counterclockwise)

CCW adalah singkatan dari counterclockwise yang berarti “berlawanan arah jarum jam”. Untuk istilah ini, bisa anda setarakan dengan istilah lokal “putar ke kiri”. Bagi sebagian orang istilah “berlawanan arah jarum jam” lebih bisa diterima daripada istilah “putar ke kiri”. ­Jadi jika anda diminta untuk memutar suatu benda/objek dengan orientasi CCW atau counterclockwise, anda bayangkan arahnya berlawanan dengan arah putaran jarum jam.