Arti EA dalam Satuan Barang

Stok barang

Kuantitas atau banyaknya benda atau barang dinyatakan dalam satuan yang sangat beragam. Diantara satuan benda atau barang yang populer adalah buah, lembar, batang, potong, unit, dan lain sebagainya. Untuk benda dengan kemasan isi lebih dari satu, kuantitasnya dapat dinyatakan dalam satuan wadah misalnya kotak/box, kaleng, karton, tabung, dan lain sebagainya.

Adakalanya dalam suatu pencatatan, banyaknya benda atau barang yang beragam harus dinyatakan dalam satuan yang sederhana. Dalam hal ini barang apapun dinyatakan dalam satuan yang sama. Ini biasanya terjadi dalam pencatatan barang dagangan.

Mungkin anda pernah membaca istilah EA dalam kuitansi atau nota penjualan. Istilah ini adalah adopsi dari istilah asing. Namun istilah ini menjadi semakin populer, salah satunya karena penggunaan bahasa Inggris dalam formulir (cetak maupun digital) untuk pencatatan dan perekaman transaksi jual beli.

Penulisan EA dalam satuan barang adalah cara yang relatif baru. Oleh karena itu wajar jika sebagian orang masih penasaran tentang apa arti EA. Jika anda termasuk orang yang belum mengerti arti dan penggunaan EA dalam pencatatan barang, berikut penjelasannya.

 

EA Singkatan dari EACH

EA adalah singkatan dari each dalam bahasa Inggris, yang artinya setiap atau masing-masing. Ini merupakan satuan untuk sembarang barang. Satuan ini memiliki pengertian yang sama dengan satuan “item” yang digunakan untuk penyebutan satuan kuantitas benda/barang apapun.

Contoh form pada aplikasi perhitungan harga barang
Contoh form pada aplikasi perhitungan harga barang

Istilah lainnya yang juga biasa digunakan untuk menyebutkan satuan barang sebarang dalam bahasa Inggris adalah PC atau PCS yang merupakan singkatan dari piece atau pieces (bergantung jumlah bendanya tunggal atau jamak). Secara konotatif EA lebih fleksibel untuk sembarang benda/barang dibandingkan PCS. Secara harfiah piece atau pieces berarti buah, helai, lembar, potong, atau satuan bulat lainnya. Jadi untuk penggunaan umum EA dapat disamakan dengan penggunaan PCS atau “buah” atau “item”.

 

Penggunaan EA sebagai Satuan Barang

Penggunaan satuan EA dianggap lebih umum daripada satuan PCS. Satuan PCS merujuk pada satuan bulat sedangkan EA tidak spesifik untuk satuan bulat. Artinya satuan EA dapat digunakan untuk menyebutkan kuantitas dengan angka pecahan atau angka desimal. Namun, baik EA mapun PCS bukan satuan resmi fisika, keduanya adalah satuan relatif untuk penggunaan umum sehingga tidak memiiki keterikatan formal.

 

EA untuk Satuan Selain Barang

Meskipuin biasa digunakan sebagai satuan sembarang barang, EA dapat digunakan digunakan sebagai satuan selain barang. EA dapat diartikan sebagai item, jadi tidak spesifik benda. Misalnya dalam rincian biaya servis AC, rincian biaya terdiri dari perawatan, penggantian spare part, dan penambahan freon. Biaya yang dikenakan terdiri dari harga barang yaitu spare part dan freon. Biaya lainnya berupa servis yaitu perawatan dan jasa servis. Masing-masing item tersebut dapat menggunakan satuan EA. Dalam hal ini harga yang dibayarkan pelanggan adalah angka EA dikalikan dengan harga atau biaya masing-masing barang/jasa.