Arti Hour, Minute, dan Second pada Satuan Waktu

Time remaining in hour minute second

Waktu adalah salah satu besaran yang paling sering digunakan. Bahkan sejak zaman prasejarah, manusia sudah menandai waktu. Salah satu cara penandaan waktu yang digunakan manusia sejak dahulu adalah pergeseran posisi matahari.

Penandaan waktu di zaman modern semakin penting. Oleh karena itu jam sebagai alat penunjuk waktu tersedia di mana-mana. Anda dapat mengecek waktu di jam dinding, arloji, ponsel, komputer, dashboard mobil, dan lain sebagainya.

Ukuran standar waktu ditunjukkan oleh sebuah jam. Pada umumnya orang dapat membaca waktu dengan baik pada jam analog maupun jam digital. Jam analog adalah jam yang menampilkan angka-angka dengan jarum penunjuk. Jam digital adalah jam yang menampilkan angka-angka eksak yang berubah-ubah sesuai dengan waktu yang sedang berlangsung.

Meskipun pada dasarnya kebanyakan orang dapat membaca dan menyampaikan informasi mengenai penunjukan waktu dengan baik, namun adakalanya informasi tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini tidak semua orang memahaminya. Misalnya masih ada orang yang tidak memahami arti hour, minute, dan second.

Time remaining in day hour minute second

 

Arti Hour pada Satuan Waktu

Hour artinya jam untuk menunjukkan durasi atau lamanya waktu. Hour adalah satuan waktu. Misalnya 1 hour artinya 1 jam.

Menurut kaidah dalam bahasa Inggris, satuan adalah kata benda yang dapat dihitung (countable noun), dan mengikuti aturan kata benda tunggal dan jamak. Bentuk kata benda jamak dari hour adalah hours. Misalnya 2 hours, 12 hours, 24 hours, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan bahwa hour adalah satuan waktu, tidak bisa digunakan untuk menujukkan jam berapa. Untuk menunjukkan waktu dalam bahasa Inggris digunakan kata o’clock, itupun terbatas untuk jam eksak tanpa menit dan detik misalnya 10 o’clock (dibaca ten o’clock) artinya jam 10. Untuk menyatakan jam 10.15 tidak perlu menggunakan kata o’clock, cukup ditulis 10.15 (dibaca ten fifteen).

 

Arti Minute pada Satuan Waktu

Minute artinya menit untuk menunjukkan durasi atau lamanya waktu. Minute adalah satuan waktu. Misalnya 1 minute artinya 1 menit.

Satuan adalah kata benda yang dapat dihitung (countable noun), dan mengikuti aturan kata benda tunggal dan jamak dalam bahasa Inggris. Bentuk kata benda jamak dari minute adalah minutes. Misalnya 3 minutes, 10 minutes, 30 minutes, dan lain sebagainya.

 

Arti Second pada Satuan Waktu

Second artinya detik untuk menunjukkan durasi atau lamanya waktu. Second adalah satuan waktu. Misalnya 1 second artinya 1 detik.

Bahasa Inggris membedakan kata benda tunggal dan jamak untuk kata benda yang dapat dihitung (countable noun). Satuan termasuk kata benda yang dapat dihitung. Bentuk kata benda jamak dari second adalah seconds. Misalnya 5 seconds, 20 seconds, 120 seconds, dan lain sebagainya.

Layar jam digital hour minute second

 

Label Hour, Minute, dan Second pada Jam Digital

Pada jam digital, penunjukan jam, menit, dan detik dinyatakan dalam tulisan angka. Khusus untuk angka detik kadang tidak dicantumkan, atau ditulis dengan angka yang ukurannya lebih kecil. Format penulisan angka jam pada jam digital adalah HOUR:MINUTE: SECOND (jam:menit:detik). Kadang tulisan hour, minute, dan second dituliskan di bagian atas atau di bagian bawah angka-angkanya.

Beberapa jam digital dapat diset sebagai jam, stopwatch, atau hitung mundur (countdown). Dalam hal ini format angkanya tetap sama yaitu HOUR:MINUTE:SECOND. Jam digital dapat diatur menggunakan format 24H (format waktu berbasis 24 jam) atau format 12H (format waktu berbasis 12 jam). Format 12H kadang disebut format AM/PM. Jika anda menggunakan format 12H maka pada layar digital jam akan muncul kode AM atau PM.