Arti Kuantitas Bahan atau Benda

Tumpukan kotak

Anda mungkin sering mendengar istilah kuantitas. Kuantitas digunakan dalam penyebutan bahan atau benda. Kuantitas biasanya dikaitkan dengan perhitungan, pengukuran, penimbangan, dan lain sebagainya.

Kata kuantitas merupakan adopsi dari bahasa Inggris “quantity”. Anda akan menemukan kata quantity pada kemasan barang. Anda juga akan menemukan kata quantity saat berbelanja di marketplace berbahasa Inggris. Kadangkala kata quantity disingkat penulisannya dengan kode “Qty”.

Kuantitas biasa ditemukan pada daftar pembelian barang. Pada pembelian barang, kuantitas barang menentukan jumlah harga yang harus di bayar. Oleh karena itu pembeli harus memperhatikan dengan seksama kuantitas barang yang dibeli.

Apa arti kuantitas? Berikut penjelasan mengenai pengertian kuantitas.

 

Pengertian Kuantitas

Definisi kuantitas menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah banyaknya (benda dan sebagainya) atau jumlah (sesuatu). Banyaknya bahan atau benda dapat dinyatakan dalam jumlah, berat, volume, panjang, luas, dan lain sebaginya.

Invoice

 

Beberapa Kuantitas yang Umum dan Satuannya

Beberapa contoh kuantitas bahan atau benda yang sering kita jumpai sehari-hari antara lain sebagai berikut.

  • Berat satuannya gram, kilogram, ons, kuintal, ton, dsb
  • Volume baku satuannya, liter, milliliter, meter kubik, galon, cc, dsb
  • Volume tidak baku satuannya truk, keranjang, karung, genggam, gelas, dsb.
  • Paket satuannya lusin, kodi, rim, gross, dsb
  • Benda satuannya buah, lembar, unit, helai, batang, dsb

 

Kuantitas dalam Fisika disebut Besaran

Di bidang fisika kata quantity dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai “besaran”. Besaran tidak hanya berat, volume dan banyaknya benda, tetapi juga besaran fisika lainnya seperti kecepatan, tekanan, viskositas, frekuensi, daya listrik, dan lain sebagainya. Besaran dalam fisika adalah suatu ukuran yang memiliki satuan.

Meskipun kuantitas merupakan terjemahan dari kata “quantity”, dalam bahasa Indonesia kuantitas digunakan untuk menunjukkan banyaknya bahan atau benda. Dalam hal ini kata kuantitas mengalami penyempitan makna.

Tabel besaran pokok

Besaran dalam fisika dibedakan menjadi dua kategori yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang berdiri sendiri tidak bergantung besaran lain. Ada7 besaran pokok yaitu panjang, massa, waktu, kuat arus listrik, suhu, intensitas cahaya, dan jumlah zat. Besaran turunan adalah besaran yang bergatung pada besaran lain. Contoh besaran turunan antara lain: gaya, usaha, kecepatan, percepatan, momentum, daya, massa jenis, dsb.