Arti Rasio Aspek (Aspect Ratio) Ban Mobil

Arti rasio aspek ban mobil

Memiliki sebuah mobil pribadi adalah sebuah kenyamanan hidup tersendiri. Mobil pribadi adalah alat transportasi serbaguna yang dapat mempermudah perjalanan anda. Bagi sebagian orang, mobil pribadi adalah properti yang sangat fungsional untuk mendukung kegiatan pribadi, keperluan keluarga, bisnis, dan lain sebagainya. Bagi anda yang berkeluarga, tentu tentu lebih memilih mobil yang memenuhi ekspektasi kebutuhan keluarga.

Ada orang memandang mobil pribadi sebagai properti “pribadi” dalam pengertian sesungguhnya. Bagi mereka mobil tersebut harus mewakili jiwa dan karakter pribadi pemilik. Mereka ini seringkali tidak puas dengan tampilan standar mobil pribadi yang dimiliki. Salah satu cara meng-upgrade karakter mobil adalah dengan modifikasi mobil sesuai dengan yang diinginkan pemilik.

Mengganti pelek dan ban adalah salah satu modifikasi mobil yang paling umum dilakukan oleh pemilik. Namun perlu diperhatikan bahwa pada dasarnya spesifikasi ban standar pada mobil anda adalah sudah sesuai dengan kebutuhan teknis yang telah mengakomodasi keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Oleh karena itu peggantian ban dan pelek harus mempertimbangkan kesesuaian spesifikasi teknis tersebut.

Salah satu besaran dalam spesifikasi ban mobil adalah rasio aspek (aspect ratio). Rasio aspek berkaitan dengan dimensi tinggi dinding ban dan lebar total ban. Apa itu rasio aspek pada ban mobil? Berikut pembahasannya.

 

Kode Ukuran Ban

Ukuran standar ban tertulis dalam bentuk kode ukuran ban. Kode ini terdapat pada sisi/dinding ban. Kode ini memuat beberapa informasi mengenai spesifikasi dimensi ban tersebut.

Ada 5 informasi penting di pada kode ukuran ban yang digunakan untuk mengidentifikasi ban yang tepat untuk kendaraan anda. Informasi tersebut adalah sebagai berikut.

Rasio aspek pada kode ukuran ban mobil

 

Pengertian Rasio aspek Ban Mobil

Definisi dari rasio aspek ban adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara tinggi dinding ban terhadap lebar total ban dalam angka persen. Pada contoh gambar di atas, angka rasio aspek ban adalah 50. Angka rasio aspek 50, artinya tinggi dinding ban adalah 50% dari lebar total ban.

Rasio aspek ban sering disebut juga dengan istilah profil ban. Dalam hal ini profil ban dapat dikonotasikan dengan seberapa kembung ban tersebut. Semakin besar angka rasio aspek atau profil ban maka semakin kembung ban tersebut. Sebaliknya semakin kecil angka rasio aspek ban maka semakin ceper ban tersebut.

 

Rumus Rasio Aspek Ban

Berdasarkan definisi dari rasio aspek di atas, kita dapat menggunakan rumus matematika sederhana untuk menghitung rasio aspek ban. Jika H adalah tinggi dinding ban yaitu jarak dinding ban dari pelek ke tapak, dan W adalah lebar total ban, maka rumus rasio aspek ban adalah sebagai berikut:

          Rasio aspek (%) = (H/W) x 100%

Rasio aspek ban mobil

 

Pentingnya Rasio Aspek Ban

Rasio aspek ban menggambarkan tinggi dinding samping ban sebagai persentase dari lebar ban. Semakin tinggi rasio aspek ban, semakin tinggi dinding samping ban. Kendaraan berat seperti mobil mewah, bus, dan truk memiliki ban dengan rasio aspek 95. Ban dengan rasio aspek tinggi dapat mengganggu penanganan tetapi memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dalam hal peredaman benturan karena lebih banyak udara di dalam ban.

Di sisi lain, mobil performa tinggi memiliki ban dengan rasio aspek rendah. Itu berarti bahwa ini adalah ban profil rendah dengan dinding ban yang lebih pendek dan lebih kaku yang memungkinkan ban menahan gaya menikung dengan lebih baik, sehingga meningkatkan sifat penanganan mobil dengan mengurangi limbung di tikungan. Namun, ban dengan rasio aspek rendah mengganggu kenyamanan berkendara kendaraan karena lebih banyak getaran yang diteruskan dari ban ke suspensi kendaraan. Ini terjadi karena ada lebih sedikit udara di dalam ban untuk menyerap gundukan dan getaran. Mobil mewah mengatasi kekurangan ini dengan meningkatkan sistem suspensi.

Dalam suatu desain mobil, produsen telah mempertimbangkan kebutuhan ban -termasuk rasio aspeknya- berdasarkan pertimbangan dan persyaratan teknis mobil serta kenyamanan berkendara. Jadi jika anda berniat mengganti spek pelek dan/atau ban mobil anda, pastikan anda berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dulu.