Arti Zoom In dan Zoom Out pada Layar Digital

Arti zoom in dan zoom out pada layar digital

Teknologi komputer telah berkembang dengan sangat pesat. Komputer yang pada awalnya digunakan sebagai alat hitung, kini telah merambah berbagai alat perangkat elektronik modern. Komputer telah menjelma menjadi alat bantu yang serbaguna.

Salah satu fungsi dasar komputer modern adalah untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan. Dalam hal ini banyak aplikasi atau perangkat lunak (software) diciptakan untuk beragam keperluan. Mulai dari aplikasi fungsional seperti untuk  mengetik, menggambar, merekam, sampai dengan aplikasi hiburan seperti memutar lagu dan video.

Teknologi komputer telah ditanamkan pada banyak gadget modern yang lebih portabel seperti laptop/notebook, tablet, dan ponsel pintar (smartphone). Apa yang bisa ditampilkan pada layar monitor komputer pribadi (personal computer) saat ini bisa juga ditampilkan di layar gadget lainnya seperti laptop/notebook, tablet, ponsel pintar , dan TV pintar.

Keterbatasan layar digital tidak membatasi ruang digital. Anda bisa membuat desain sebuah kawasan perumahan di layar laptop. Padahal sebelum adanya komputer, desain tersebut harus digambar secara manual pada kertas ukuran A0 dalam jumlah lembar yang tidak sedikit.

Untuk memudahkan pekerjaan dan menampilkan teks atau gambar seringkali dokumen digital perlu ditampilkan dengan beragam pandangan. Salah satu fasilitas yang disediakan aplikasi pada perangkat digital adalah zoom in dan zoom out. Apa itu zoom in dan zoom out? Berikut penjelasannya.

Zoom in dan zoom out pada layar hp
Zoom in dan zoom out pada ponsel pintar dengan sentuhan jari

 

Pengertian Zoom In

Zoom in artinya memperbesar. Dalam pengaturan tampilan pada layar digital, perintah atau ikon zoom in digunakan untuk memperbesar tampilan teks atau gambar. Perintah ini bisa dalam bentuk menu, dialog box, icon, dan shortcut. Pada layar digital dengan moda touchscreen (layar sentuh), anda dapat menggunakan dua jari (umumnya ibu jari dan jari telunjuk) yang ditempelkan pada layar dan menjauhkan jarak sentuhan kedua jari.

 

Pengertian Zoom Out

Zoom out artinya memperkecil. Dalam pengaturan tampilan pada layar digital, perintah atau icon zoom out digunakan untuk memperkecil tampilan teks atau gambar. Perintah ini bisa dalam bentuk menu, dialog box, icon, maupun shortcut. Pada layar digital dengan moda touchscreen (layar sentuh), anda dapat menggunakan dua jari (umumnya ibu jari dan jari telunjuk) yang ditempelkan pada layar dan mendekatkan jarak sentuhan kedua jari.

Fasilitas zoom in dan zoom out pada ms word
Fasilitas zoom in dan zoom out pada aplikasi Microsoft Word

 

Manfaat Zoom In dan Zoom Out

Bagi sebagian pengguna terutama yang bekerja dengan teks, mungkin fasilitas zoom in dan zoom out jarang digunakan. Untuk pengguna umum, fasilitas ini biasanya digunakan untuk melihat detail gambar atau untuk editing gambar. Pengguna ponsel biasa menggunakan fasilitas ini untuk melihat detil foto.

Akan tetapi untuk pengguna software tertentu, fasilitas ini sangat fungsional. Sebagai contoh, seorang arsitek harus merancang detail sebuah rumah sampai dengan sebuah sebuah kawasan perumahan. Bagi mereka ini, menggunakan sebuah layar monitor PC ukuran besarpun kadang belum mencukupi kebutuhan untuk detail gambar. Bahkan kadang mereka menggunakan dua atu tiga monitor sekaligus. Dalam hal ini fasilitas zoom in dan zoom out sangat penting.

Fasilitas zoom in dan zoom out pada ms photos
Fasilitas zoom in dan zoom out pada aplikasi Microsoft Photos

 

Yang Perlu Diketahui Tentang Zoom In dan Zoom Out pada Layar Digital

Beberapa hal yang perlu ketahui mengenai fungsi zoom in dan zoom out terutama bagi pengguna pemula antara lain sebagai berikut.

  • Pada dasarnya zoom in dan zoom out adalah pengubahan skala tampilan pada layar digital. Zoom in dan zoom out tidak mengubah ukuran file dokumen, teks maupun gambar.
  • Zoom in dan zoom out pada foto digital tidak mengubah ukuran pixel (resolusi) foto tersebut.
  • Zoom in dan zoom out tidak mengubah rasio aspek gambar¬†maupun teks, artinya perbandingan ukuran sisi horizontal dan vertikal gambar atau bidang kerja tidak berubah.
  • Zoom in dan zoom out dibatasi oleh resolusi gambar dan resolusi layar digital.
  • Pada beberapa aplikasi, perbesaran (zoom in) yang melampaui batas resolusi gambar tertentu dapat menyebabkan gambar menjadi kabur, terpikselasi, atau pecah.