Berapa Detik Durasi Maksimum Video Facebook Reels?

Berapa detik durasi maksimum video facebook reels

Facebook adalah salah satu platform medsos (media sosial) yang paling populer. Facebook menyediakan ruang yang nyaman bagi pengguna untuk saling berbagi konten dan berdiskusi. Menyikapi kepopuleran video sebagai konten populer di kalangan pengguna, Facebook juga telah menyediakan ruang untuk video pendek yang disebut Facebook Reels.

Video pendek adalah tipikal konten dari dan untuk perangkat ponsel pintar (smarthone). Video pendek memilki format tampilan dengan orientasi portrait (tegak). Karena cara ternyaman untuk membuat dan menyaksikan konten video dengan gadget ponsel adalah dalam orientasi portrait.

Video pendek memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan video standar dengan durasi panjang dan orientasi landscape. Video pendek lebih mudah dinikmati karena durasinya yang singkat. Video pendek tidak bertele-tele, langsung pada konten inti. Selain itu video pendek dengan orientasi portrait lebih nyaman untuk dinikmati via ponsel yang sudah menjadi perangkat utama bagi pemirsa dalam mengakses internet.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk membuat konten video pendek dan membaginya di ruang Facebook Reels. Jika anda ingin membuat dan mengupload video Facebook Reels, anda sebaiknya mengetahui batasan-batasan yang ditentukan oleh Meta selaku pemilik situs Facebook. Salah satu batasan yang ditentukan adalah durasi tayang video Facebook Reels. Dengan mengetahui durasi video Facebook Reels akan membantu anda dalam menyiapkan tampilan video berdasarkan pengaturan waktu yang sesuai.

 

Apa Itu Facebook Reels?

Facebook Reels (FB reels) adalah fitur video pendek dengan orientasi portrait yang disediakan oleh situs medsos Facebook. Istilah reels sendiri mengacu pada istilah yang sama dengan yang digunakan di Instagram yaitu Instagran Reels (IG reels). Mengikuti popularitas IG reels, FB reels dengan cepat menjadi konten favorit pengguna medsos.

Fitur video facebook reels

Video Facebook Reels mendapat tempat utama di situs medsos Facebook dalam pengertian yang sebenarnya. Video pendek Facebook Reels ditempatkan di barisan paling atas pada laman Facebook, “mengalahkan” konten posting. Ini memastikan pengguna lebih mudah mengakses konten video pendek di situs Facebook.

 

Durasi Video Facebook Reels

Saat ini Meta selaku pemilik situs Facebook menetapkan batasan durasi tayang video Facebook Reels minimum 3 detik dan maksimum 90 detik (1,5 menit). Ini memberi keleluasaan 50% lebih panjang dari aturan sebelumnya yaitu 60 detik (1 menit).

Bagi para kreator video pendek, pengaturan durasi sangat penting. Hal ini agar pesan yang ada dalam konten dapat tersampaikan secara efektif dalam masa tayang yang singkat. Dalam hal ini penyuntingan (editing) mungkin diperlukan.

 

Prinsip Penyuntingan (Editing) untuk Mengatur Durasi Video Facebook Reels

Penyuntingan atau editing adalah langkah penting dalam pembuatan video yang efektif. Salah satu tujuan utama editing video adalah untuk mengatur panjangnya waktu tayang video.

Facebook reels di layar ponsel

1. Potong (Cut)
Memotong video adalah cara paling mudah untuk mengurangi durasi video. Namun pemotongan video perlu dilakukan dengan bijaksana. Pemotongan video jangan sampai mengurangi pesan dan kesan yang ingin disampaikan video anda. Lakukan pemotongan dengan prioritas, yaitu potong bagian yang kurang penting dan pertahankan bagian yang penting.

2. Atur Kecepatan (Speed)
Jika diperlukan, kreator dapat mempercepat tayangan dalam video. Ini adalah cara yang sederhana dan mudah dilakukan. Namun perlu diperhatikan bahwa jangan sampai fragmen penting video menjadi tidak jelas. Pilihlah fragmen yang tidak penting atau aktivitas berulang untuk dipercepat.

3. Hindari Transisi Berlebihan
Transisi akan menggunakan waktu yang mungkin justru mengurangi “jatah” tampilan fragmen penting dalam video pendek anda. Jika ingin menggunakan transisi, gunakan transisi singkat.

4. Tampilkan Dua Video Sekaligus
Anda dapat membagi dua layar menampilkan dua video sekaligus. Misalnya untuk menampilkan dua aktivitas yang dilakukan secara bersamaan oleh dua orang di lokasi yang tidak berdekatan. Ini dapat memberi nilai tambah tersendiri bagi video anda misalnya untuk memberikan kesan dramatis dalam lomba.

5. Jelaskan dengan Teks
Adakalanya anda ingin menjelaskan lebih detil tentang bagian tertentu video. Anda bisa menggunakan teks untuk memperjelas video anda. Sebagai contoh pada video memasak ada beberapa jenis bumbu halus yang secara kasat mata tidak bisa dibedakan misalnya gula pasir, garam, dan tepung maizena. Daripada menyebutkan dan menampilkan satu persatu, anda dapat menampilkan ketiga item tersebut sekaligus dengan masing-masing teks pada bahan tersebut.