Berapa Ukuran Header Google Form?

Ukuran header google form

Internet telah banyak memberikan dorongan pada inovasi dalam bidang komunikasi. Internet memungkinkan orang-orang yang terpisah jarak untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Hal ini meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan sumberdaya secara signifikan. Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan memanfaatkan internet adalah pengumpulan data dari banyak orang.

Secara tradisional, pengumpulan data dilakukan dengan membagikan lembar kertas formulir yang harus diisi dengan tangan oleh orang diminta datanya. Data itu selanjutnya direkap untuk dianalisa. Di era internet sekarang ini, formulir fisik tersebut sudah digantikan dengan formulir online.

Pengumpulan data perorangan dilakukan untuk beragam keperluan seperti survei, pendaftaran, kehadiran dalam acara online, dan lain sebagainya. Sekarang ada banyak situs penyedia fasilitas pengumpulan data semacam itu. Salah satu situs penyedia fasilitas formulir online yang paling populer adalah Google. Google menyediakan fasilitas Google Forms secara gratis (opsional) yang dapat anda manfaatkan untuk mengumpulkan data perorangan.

 

Kelebihan Formulir Online

Ada banyak kelebihan menggunakan formulir online dibandingkan dengan formulir manual. Kelebihan formulir online antara lain: paperless, mudah disebarkan, data tersimpan siap diolah, bebas biaya (opsional), dan lain sebagainya. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tidak heran jika formulir online semakin banyak digunakan untuk membantu pengkoleksian data untuk berbagai keperluan.

Dari sisi pengguna, formulir online membarikan kemudahan-kemudahan. Mengisi formulir online dapat mengggunakan laptop atau smartphone kapanpun dan dimanapun. Selain itu proses pengisian formulir ringkas, praktis, serta dapat diedit. Tentu aja hal ini mempermudah dan meningkatkan kenyamanan pengguna, dibandingkan dengan mengisi lembar formulir menggunakan pena atau pensil.

Dari sisi pengolahan data, formulir online menyediakan kemudahan bagi administrator. Data “mentah” tersedia dalam bentuk tabel yang dapat disalin dan dapat langsung diolah dengan pengolah data (spreadsheet) seperti MS Excel. Data dapat ditampilkan sebagai tabel dengan fitur penyaringan data dan analisis sederhana. Data juga dapat ditampilkan dalam bentuk grafik yang menarik, yang bisa ditampilkan dan disalin ke dokumen lain.

 

Header pada Google Form

Secara harfiah header diartikan tajuk atau hiasan kepala/bagian paling atas. Header pada Google Form posisinya kira-kira mirip dengan kop surat. Fungsi header adalah sebagai banner yang berisi gambar dan info perusahaan/lembaga, nama acara, judul survei, atau informasi apapun yang ingin dijadikan tajuk.

Header dapat berupa gambar atau informasi dengan latar belakang gambar. Gambar ini bermanfaat menambah estetika, mendukung tema, memajang produk/brand/logo, dan lain sebagainya. Gambar yang digunakan sebagai header dapat berupa foto atau ilustrasi.

Contoh Tema Header Google Form

 

Ukuran Gambar untuk Header Google Form

Google Form menyediakan beberapa tema header siap pakai. Anda bisa memanfaatkan tema header ini, terutama jika anda menggunakannya hanya untuk kepentingan estetika. Namun jika anda ingin menampilkan gambar dan/atau informasi tertentu, anda harus membuatnya sendiri kemudian menggunggahnya ke Google Form. Untuk membuat sendiri desain header, anda bisa menggunakan software desain atau software gambar, namun bisa juga menggunakan situs desain yang tersedia secara online misalnya canva.com.

Perlu diketahui bahwa ruang yang tersedia untuk header memiliki ukuran tertentu. Jika anda tidak menyesuaikan dengan ukuran ruang yang tersedia tersebut maka kemungkinan desain header anda akan terpotong atau sebaliknya desain header anda tidak memenuhi ruang header yang tersedia. Berikut ukuran header yang pas untuk Google Form.

Ukuran Header Google Form

Lebar (W) = 1.600 pixel (33.70 cm)
Tinggi (H) = 400 pixel (8,47 cm)
Aspek rasio (W/H) = 4 : 1