Berapa Ukuran Layar Laptop 15,6 inch dalam cm?

Berapa ukuran laptop 15-6 inch

Laptop adalah versi portabel dari sebuah PC (personal computer). Laptop modern dalam beberapa hal bahkan telah mengalahkan kenyamanan penggunaan komputer desktop. Laptop memungkinkan untuk dibawa ke mana-mana sehingga meningkatkan mobilitas penggunaannya.

Saat ini laptop tersedia dengan berbagai ukuran yang menyesuaikan kebutuhan untuk beragam keperluan dan profesi. Ada masanya produsen berlomba-lamba untuk menciptakan laptop yang lebih ringan untuk meningkatkan portabilitasnya. Laptop dengan layar yang lebih kecil, bodi lebih tipis, dan lebih ringan memudahkan pengguna untuk membawanya ke mana-mana.

Laptop yang kecil biasa disebut notebook, sebuah istilah yang lebih berkonotasi sebagai alat untuk menulis (naskah, laporan, dsb). Notebook memang lebih cocok untuk digunakan untuk pekerjaan dengan perangkat lunak yang lebih umum seperti perangkat lunak office dan browser. Oleh karena itu notebook cocok untuk digunakan oleh orang kebanyakan.

Seiring dengan semakin beragam keperluan pengunaan laptop, maka laptop dengan layar yang lebih besar juga menemukan pasar tersendiri. Laptop dengan ukuran layar yang lebih besar umumnya digunakan untuk keperluan khusus. Bahkan jika komponen laptop bisa dibuat semakin “compact”, pengguna membutuhkan layar yang luas untuk keperluan menjalankan software atau aplikasi khusus tertentu.

Ukuran layar laptop 15-6 inch dalam cm

 

Ukuran Layar Laptop 15,6 inch dalam cm

Ukuran layar digital adalah panjang diagonal layar dalam satuan inch. Ukuran layar laptop 15.6 inch sama dengan 39,6 cm. Ukuran tinggi x lebar (HxW) layar laptop 15,6 inch adalah 7,65 inch x 13,6 inch. Dalam satuan centimeter, ukuran tinggi x lebar layar laptop 15,6 inch (39,6 cm) adalah 19,4 cm x 34,5 cm.

Ukuran standar laptop pada dasarnya adalah hanya ukuran diagonal layar (screen). Jadi ukuran laptop dalam inch bukan ukuran bodi laptop. Tentu saja ukuran bodi lebih besar daripada ukuran layarnya. Berikut tabel dimensi layar 15,6 inch dengan rasio aspek 16:9.

Tabel dimensi layar laptop 15-6 inch dalam cm

 

Alasan Memilih Laptop 15,6 inch

Untuk keperluan penggunaan secara umum, laptop 13 inch dan laptop 14 inch adalah yang paling populer. Laptop ukuran layar 13 inch dan 14 inch sangat nyaman digunakan untuk bekerja dengan perangkat lunak Microsoft office (MS Word, MS Excel, MS Power Point, dsb). Ukuran layar 13 inch dan 14 inch juga memadai untuk perangkat lunak lain seperti untuk keperluan, menggambar, editing audio/video, programming, simulasi engineering, dan lain sebagainya.

Laptop dengan layar 15 inch keatas dianggap tidak lagi lagi nyaman untuk dibawa bepergian. Pengguna memerlukan laptop dengan ukuran layar 15 inch ke atas bukan lagi karena ringan dibawa tetapi lebih karena kebutuhan teknis. Oleh karena itu jika anda berniat membeli laptop 15,6 inch pastikan anda memiliki alasan yang tepat.

Asus zenbook 15 UX533 black

Pengguna laptop 15,6 inch adalah mereka yang memerlukan layar yang luas untuk bekerja. Perlu diketahui pada dasarnya bidang kerja (workspace) pada layar dikurangi banyak oleh berbagai bilah menu aplikasi. Saat anda hanya bekerja dengan teks, anda mungkin tidak akan keberatan jika bidang kerja anda dikurangi setengahnya. Namun lain perkara jika anda bekerja dengan gambar, grafik, tabel, atau software/aplikasi apapun yang membutuhkan ruang kerja yang luas.

Sebagai contoh, seorang drafter yang pekerjaannya membuat gambar teknis dengan software khusus misalnya AutoCAD, memerlukan bidang kerja yang luas. Hal ini untuk mengakomodasi berbagai pandangan (depan, samping, atas) sekaligus. Selain itu setiap bagian gambar seringkali di perbesar (zoom) untuk membuat gambar yang lebih detil.

Di luar alasan teknis pekerjaan, gamer membutuhkan layar yang luas untuk mendapatkan pengalaman bermain game online yang lebih leluasa dan memuaskan. Laptop 15,6 inch bisa jadi alternatifnya.