Berapa Ukuran Video TikTok?

Logo tiktok

TikTok adalah salah satu platform medsos yang paling populer saat ini. Harus diakui, video adalah salah satu media elektronik yang efektif dan menarik untuk menyampaikan berbagai pesan dibandingkan dengan artikel. Video dapat digunakan untuk menyampaikan curhat, ajakan, opini, seni, dan berbagai karya yang layak dibagi ke pemirsa medsos.

TikTok menyediakan fasilitas untuk membuat dan mengoptimasi video yang dapat membantu para creator video untuk mempublikasi karyanya. Namun creator juga dapat menggunakan berbagai perangkat, software, atau tool optimasi lainnya untuk membuat video yang berkualitas. Namun perlu diketahui bahwa TikTok menerapkan batasan umum untuk video yang dipublikasi. Hal ini disamping untuk kepentingan manajemen pengelolaan data juga bertujuan untuk menjaga kualitas dan kenyamanan penggunanya. Artikel ini membahas tentang ukuran dimensi, ukuran file, dan durasi video TikTok.

 

Berapa Dimensi Video TikTok?

Dimensi dan resolusi video TikTok klasik adalah 1080 x 1920 piksel, ini sama dengan ukuran format portrait standar sebagian besar ponsel. Video yang direkam dalam TikTok secara otomatis menggunakan ukuran kanvas ini, tetapi creator dapat menggunakan Alat Pengoptimalan Cerdas (Intelligent Optimization Tool) TikTok atau editor video online untuk mengubah berbagai ukuran dimensi video ke dimensi standar ini.

Tabel ukuran dan format video tiktok

Berapa Ukuran File Video Tiktok?

File elektronik digital dinyatakan dalam satuan byte. Untuk video yang diunggah ke internet umumnya dalam range megabyte (MB). TikTok menentukan ukuran file maksimum dari perangkat berbasis Android untuk video newsfeed dibatasi 72 MB, sedangkan dari perangkat Apple adalah 287,76 MB.

 

Orientasi Video TikTok: Portrait atau Lanscape?

Orientasi portrait (tegak) adalah format video TikTok yang ideal karena platform ini dirancang untuk dilihat di ponsel. Pada dasarnya, creator juga dapat membuat video dengan orientasi landscape (mendatar), namun sangat tidak disarankan. Video dengan orientasi portrait memungkinkan creator dapat memaksimalkan setiap ruang di layar ponsel pemirsa.

 

Berapa Menit Durasi Video Tiktok?

Durasi maksimum untuk video TikTok adalah 3 menit. Berapa lama idealnya durasi video TikTok sangat bergantung pada seberapa efektif pesan dalam video anda tersampaikan kepada pemirsa. Hanya karena creator dapat memposting konten hingga 180 detik, bukan berarti creator harus membuat video 180 detik. Algoritma TikTok menghukum kreator karena memposting terlalu banyak video dengan tingkat drop-off yang tinggi. Creator sebaiknya memanfaatkan setiap detik dengan memangkas video untuk memastikan bahwa seluruh video yang diuanggah menarik bagi pemirsa. Pemirsa tidak suka menghabiskan waktu melihat konten TikTok yang bertele-tele.

 

Apa Format File Terbaik untuk TikTok?

TikTok mendukung format file video .MP4 dan .MOV, tetapi .MP4 adalah format yang lebih universal dan yang terbaik untuk TikTok. Meskipun keduanya berfungsi dengan baik di TikTok dan pemirsa tidak akan dapat membedakannya, ada beberapa alasan mengapa creator mungkin ingin menggunakan .MP4 daripada .MOV. Format MOV adalah format file asli untuk Apple dan cenderung memiliki ukuran file yang lebih besar.

 

Spesifikasi Iklan Video TikTok

Dengan lebih dari satu miliar orang pengguna di seluruh dunia, TikTok adalah investasi iklan cerdas untuk merk dan pembuat konten. TikTok telah menjadi salah satu platform medsos paling populer di dunia dan tentu saja juga menjadi salah satu media iklan yang efektif.

Pemilik merk dan pembuat konten yang ingin beriklan di TikTok memiliki dua opsi untuk format iklan video: iklan video in-feed (iklan video dalam umpan) dan iklan video newsfeed (iklan video umpan berita).

Spesifikasi iklan video tiktok in-feed

Iklan video in-feed atau iklan standar Tiktok ditampilkan saat pemirsa menggulir video berikutnya. Algoritma TikTok menempatkan iklan video in-feed berbayar di antara konten dari orang yang kita ikuti. Iklan video in-feed harus terlihat seperti konten organik bagi pemirsa.

Spesifikasi iklan video tiktok newsfeed

Iklan video newsfeed adalah konten bersponsor yang muncul di penempatan khusus. TikTok telah menciptakan peluang untuk beriklan ini melalui kemitraan dengan BuzzVideo, TopBuzz, News Republic, Babe, dsb. Iklan ini terdiri dari materi iklan video, nama merk atau aplikasi, dan deskripsi iklan dan dapat muncul di beberapa penempatan berbeda: berita yang direkomendasikan di bawah tab Discover (pencarian), iklan di halaman video atau artikel di bawah konten, atau iklan pasca-video yang muncul setelah video yang diputar berakhir.