Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Cara membaca jam dalam bahasa inggris

Jam adalah alat penunjuk waktu sekaligus alat ukur waktu. Jam analog menunjukkan waktu aktual menggunakan jarum jam, jarum menit, dan jarum detik. Jam digital menunjukkan waktu aktual dengan menampilkan angka jam, angka menit, dan angka detik.

Saat membicarakan mengenai jam, anda biasanya mengabaikan satuan detiknya. Hal ini wajar karena angka detik berubah dengan sangat cepat. Jadi, adalah lumrah saat mengatakan tentang jam, anda cukup menyebutkan angka jam dan angka menitnya saja.

Pada dasarnya tidak sulit untuk membaca dan menyebutkan jam. Secara formal penyebutan jam adalah penyebutan angka jam dan angka menit. Contohnya jam 07.30 dibaca jam tujuh tiga puluh.

Penyebutan jam dalam berbagai bahasa pada dasarnya adalah sama yaitu menyebutkan angka jam dan menit. Dalam bahasa Inggris penyebutan jam sedikit berbeda dengan dalam bahasa Indonesia. Hal ini karena perbedaan tata bahasa. Bagaimana cara membaca atau menyebutkan jam dalam bahasa Inggris? Berikut pembahasannya.

Jam dinding

 

Penyebutan Angka Jam dan Angka Menit

Secara formal penyebutan jam dalam bahasa Inggris sangat sederhana yaitu hanya menyebutkan angka jam dan menit. Anda hanya perlu menyebutkan dua angka dalam bahasa Inggris secara berurutan untuk angka jam dan angka menit. Anda tidak perlu menyebutkan satuan waktu jam tersebut. Perhatikan beberapa contoh pembacaan jam berikut ini.

01.20 dibaca “one twenty”
05.30 dibaca “five thirty”
07.15 dibaca “seven fifteen”
10.45 dibaca “ten fourty-five”
11.12 dibaca “eleven twelve”

 

Penggunaan AM dan PM

Penulisan dan penyebutan jam dapat menggunakan format waktu berbasis 24 jam atau format waktu berbasis 12 jam. Jika anda menggunakan format waktu berbasis 12 jam, secara formal anda harus menggunakan AM atau PM. Sebelum menggunakan AM/PM anda harus tahu arti AM dan PM dan perbedaan AM dan PM pada jam. AM adalah singkatan dari ante meridiem (sebelum tengah hari) digunakan untuk waktu dari tengah malam sampai tengah hari (jam 00.00 sampai 11.59). PM adalah singkatan dari post meridiem (lewat tengah hari) digunakan untuk waktu tengah hari sampai tengah malam (12.00 sampai 23.59). Perhatikan beberapa contoh berikut.

1.15 AM dibaca “one fifteen AM” artinya jam 1.15 dini hari
6.30 AM dibaca “six thirty AM” artinya jam 6.30 pagi
11.45 AM dibaca “eleven forty-five AM” artinya jam 11.45 siang
2.10 PM dibaca “two ten PM” artinya jam 2.10 siang
5.25 PM dibaca “five twenty-five PM” artinya jam 5.25 sore
10.40 PM dibaca “ten forty PM” artinya jam 10.40 malam

Jam meja digital

 

Penggunaan To dan Till

To atau till dapat digunakan untuk menyatakan kekurangan menit dari angka jam tepat. Dalam hal ini to atau till secara harfiah dapat diartikan “menuju ke”. Misalnya jam 07.55 dapat dibaca jam “8 kurang 5 (menit)”. Dalam bahasa Inggris penyebutan jam “8 kurang 5 (menit)” adalah “five to eight” atau “five till eight”. Perhatikan bahwa kekurangan menitnya disebut lebih dulu dari jam tepatnya. Berikut contoh-contoh penggunaan to dan till dalam membaca jam.

06.50 (sixt fifty) dapat dibaca “ten to seven”
06.50 (sixt fifty) dapat dibaca “ten till seven”
08.40 (eight fourty) dapat dibaca “twenty to nine”
08.40 (eight fourty) dapat dibaca “twenty till nine”
10.48 (ten fourty-eight) dapat dibaca “twelve to eleven”
10.48 (ten fourty-eight) dapat dibaca “twelve till eleven”

 

Penggunaan Past dan After

Past atau after dapat digunakan untuk menyatakan kelebihan menit dari angka jam tepat. Dalam hal ini past atau after secara harfiah diartikan “lewat dari”. Misalnya jam 07.05 dapat dibaca jam “7 lewat 5 (menit)”. Dalam bahasa Inggris penyebutan jam “7 lewat 5 (menit)” adalah “five past seven” atau “five after seven”. Perhatikan bahwa kelebihan menitnya disebut lebih dulu dari jam tepatnya. Berikut contoh-contoh penggunaan past dan after dalam membaca jam.

07.10 (seven ten) dapat dibaca “ten past seven”
07.10 (seven ten) dapat dibaca “ten after seven”
09.20 (nine twenty) dapat dibaca “twenty past nine”
09.20 (nine twenty) dapat dibaca “twenty after nine”
11.12 (eleven twelve) dapat dibaca “twelve past eleven”
11.12 (eleven twelve) dapat dibaca “twelve after eleven”

Jam meja

 

Penggunaan Quarter dan Half

Quarter dan half dapat digunakan untuk menyatakan besaran menit secara relatif. Quarter artinya seperempat jam (15 menit) dan penggunaan quarter harus menggunakan to atau past. Contohnya jam “sembilan kurang seperempat” dalam bahasa Inggris adalah “quarter to nine”. Half artinya setengah jam (30 menit) dan penggunaannya hanya bisa dengan past contohnya jam “setengah sepuluh” adalah “half past nine”. Berikut beberapa contoh lainnya penggunaan quarter dan half.

07.15 (seven fifteen) dapat dibaca “quarter past seven”
07.45 (seven fourty-five) dapat dibaca “quarter to eight”
02.30 (two thirty) dapat dibaca “half past two”

 

Penggunaan O’clock

O’clok secara harfiah dapat diartikan “tepat” untuk angka jam. Contohnya jam 8.00 dapat dibaca “eight o’clock” (jam 8 tepat). Anda tidak bisa mengatakan jam 08.30 sebagai “eight thirty o’clock”.