Cara Memperbesar dan Memperkecil Tampilan Layar Komputer

Cara zoom in dan zoom out tampilan layar komputer

Komputer adalah gadget yang serbaguna. Anda bisa menggunakan komputer menurut fungsi awalnya sebagai alat pembuat program perhitungan. Komputer juga telah bekerjasama dengan perangkat lainnya dalam berbagai bidang seperti engineering, industri, kesehatan, transportasi, dan lain sebagainya. Namun pengguna umum lebih banyak menggunakan komputer sebagai alat ketik, alat gambar, akses internet, media seni, media hiburan, dan lain sebagainya. Pendek kata komputer adalah alat yang dapat mendukung beragam aktivitas maupun penyaluran ide.

Pada dasarnya secara default, ukuran standar tampilan layar komputer telah diatur secara ergonomis bagi kenyamanan pengguna. Namun, dalam menggunakan komputer adakalanya anda perlu melakukan perbesaran (zoom in) atau memperkecil (zoom out) tampilan layar. Hal ini untuk meningkatkan kemudahan dalam bekerja dengan komputer.

Perbesaran tampilan layar dapat mempermudah membaca teks yang kecil. Perbesaran tampilan layar juga dapat mempermudah pengerjaan bagian detil misalnya dalam menggambar atau editing. Sebaliknya pengecilan tampilan membantu untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas. Kadangkala pengecilan tampilan layar berguna dalam bekerja dengan dua atau lebih jendela kerja bahkan beberapa aplikasi (perangkat lunak) sekaligus.

Komputer maupun laptop dewasa ini memiliki resolusi layar yang sangat baik. Hal ini mempermudah perbesaran tampilan layar tanpa mengurangi kenyamanan mata. Perbesaran dan pengecilan tampilan layar komputer dapat dilakukan dengan beberapa cara. Bagi anda yang belum tahu caranya, berikut ini pembahasan mengenai cara memperbesar atau memperkecil tampilan layar komputer.

 

Zoom In dan Zoom Out Menggunakan Keyboard dan Mouse

Cara paling umum untuk melakukan memperbesar atau memperkecil (zoom in dan zoom out) tampilan layar komputer adalah dengan menggunakan keyboard dan mouse. Roda gulir pada mouse dapat digunakan mengatur perbesaran atau pengecilan tampilan layar dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Perbesaran dan pengecilan tampilan layar dengan keyboard dan mouse

  1. Tahan tombol “CTRL” pada keyboard.
  2. Untuk memperbesar tampilan layar, putar roda gulir pada mouse ke depan.
  3. Untuk memperkecil tampilan layar, putar roda gulir ke belakang.

 

Zoom In dan Zoom Out Menggunakan Fitur Magnifier

Di komputer Windows, anda juga dapat menggunakan fitur Magnifier (kaca pembesar) untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar dengan mengikuti langkah berikut ini.

  1. Tekan tahan tombol Windows di keyboard dan tekan tanda tambah (+). Opsi lainnya adalah menavigasi ke pengaturan (settings), klik ikon “Kemudahan Akses”, lalu pilih “Magnifier”.
  2. Setelah membuka fitur Magnifier, sebuah jendela kecil dengan beberapa tombol akan muncul. Klik pada simbol plus (+) untuk memperbesar atau simbol minus (-) untuk memperkecil.
  3. Lanjutkan mengklik salah satu tombol ini hingga mencapai tingkat zoom yang diinginkan.
  4. Untuk menutup Magnifier, klik ikon “X” di pojok kanan atas.

Perbesaran dan pengecilan tampilan layar dengan magnifier

Perbesaran tampilan layar dengan cara ini akan menambah besar tampilan 100 persen dari tampilan awal (default), demikian juga sebaliknya. Misalnya, jika anda ingin melakukan perbesaran 300%, klik simbol plus (+) dua kali.

 

Zoom In dan Zoom Out Menggunakan Keyboard

Perbesaran dan pengecilan tampilan layar dengan keyboard melibatkan tombol plus (+) dan minus (-). Pada kebanyakan keyboard, kedua tombol ini terdapat di sebelah tombol “Backspace”. Jika anda memiliki tombol angka di keyboard, anda juga dapat menemukan tombol plus dan minus di sini. Berikut cara memperbesar dan memperkecil komputer menggunakan keyboard.

  1. Tekan tombol “CTRL”.
  2. Jika ingin memperbesar tampilan layar, tekan tahan tobol “CTRL” lalu tekan tombol tambah.
  3. Jika ingin memperkecil tampilan layar, tekan tahan tombol “CTRL” lalu tekan tombol minus.
  4. Lakukan secara berulang sampai mencapai tampilan yang diinginkan.

Perlu diketahui tidak semua aplikasi/software mengakomodasi perbesaran/pengecilan tamplian layar dengan cara ini. Beberapa aplikasi/software menggunakan shortcut “CTRL + PLUS” dan “CTRL + MINUS“ untuk fungsi lainnya.

 

Zoom In dan Zoom Out pada Layar Sentuh

Zoom in dan zoom out dengan layar sentuh adalah tipikal fitur layar pada ponsel pintar (smartphone) dan tablet. Namun sekarang layar sentuh juga digunakan pada layar komputer khususnya laptop/notebook. Jika anda menggunakan komputer layar sentuh, anda mungkin tidak memiliki keyboard fisik yang dapat digunakan untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar. Sebagai gantinya, anda dapat menggunakan dua jari (umumnya ibu jari dan jari telunjuk).

Bagi anda pengguna ponsel pintar, anda pasti sangat familiar menggunakan fitur ini. Sebelum menggunakannya pastikan fitur touchscreen pada layar komputer dalam moda ON. Berikut cara memperbesar dan memperkecil tampilan layar komputer dengan layar sentuh.

Perbesaran dan pengecilan tampilan layar dengan touchscreen

  1. Tentukan lokasi pada layar yang akan dijadikan pusat perbesaran atau pengecilan layar, tempatkan kedua jari di atasnya, rapatkan.
  2. Untuk memperbesar tampilan layar, rentangkan kedua jari satu sama lain sambil menyentuh layar. Ini terlihat seperti gerakan kebalikan dari mencubit.
  3. Untuk memperkecil tampilan layar, gunakan gerakan mencubit yaitu dimulai dengan membuka kedua jari kemudian tempelkan pada layar dan satukan kedua jari.

 

Zoom In dan Zoom Out Menggunakan TouchPad

Pada dasarnya laptop atau notebook tidak dibekali mouse. Hal ini untuk meningkatkan portabilitasnya. Namun laptop atau notebook dilengkapi touchpad sebagai pengganti mouse untuk mengarahkan kursor pada layar.

Touchpad adalah area berbentuk segiempat yang letaknya di bagian bawah keyboard. Posisi ini memudahlan pengguna untuk mengarahkan kursor dengan menempelkan salah satu jari (umumnya ibu jari) pada tauchpad. Perbesaran dan pengecilan tampilan layar dapat memanfaatkan touchpad ini. Caranya sama persis dengan perbesaran dengan layar sentuh, hanya saja bidang sentuhnya bukan pada layar tapi pada touchpad.

Perbesaran dan pengecilan tampilan layar dengan touchpad

 

Zoom In dan Zoom Out pada Browser Web

Beberapa browser web memiliki pengaturan zoom internal yang dapat anda sesuaikan. Berikut cara memperbesar dan memperkecil tampilan layar menggunakan browser web.

  1. Cari tanda tiga titik horizontal atau vertikal di pojok kanan atas browser web.
  2. Di dalam menu ini, ada opsi untuk memperbesar atau memperkecil. Anda dapat mengklik tombol plus atau minus untuk memperbesar atau memperkecil tampilan browser web.
  3. Untuk kembali ke tingkat perbesaran default dengan cepat, tahan tombol “CTRL” dan tekan tombol nol pada keyboard.