Cara Mengatur Margin di MS Word

Pengaturan Margin di MS Word

Microsoft Word atau biasa disingkat dengan MS word adalah suatu perangkat lunak pengolah kata (word processing software) yang paling banyak digunakan dalam pengetikan dokumen. Oleh karena itu software ini biasa dijadikan sebagai standar oleh banyak institusi dan perusahaan sebagai perangkat penulisan teks. Tidak heran jika dokumen resmi biasanya diminta dalam format tulisan MS Word.

Meskipun kita terbiasa menggunakan perangkat lunak MS Word, namum kadang kita kurang memperhatikan tentang aturan penulisan tersebut. Kita umumnya baru melakukan pengaturan (setting) jika dokumen yang kita buat harus mengacu pada suatu standar atau aturan penulisan tertentu. Dalam hal ini kita harus berupaya untuk membuat dokumen tersebut sesuai dengan kaidah yang ditentukan tersebut.

Pada umumnya, pencetakan dokumen resmi harus mengikuti suatu aturan atau format standar tertentu. Contoh dokumen resmi adalah laporan, skripsi, tesis, proposal, dan lain sebagainya. Format standar pencetakan dapat merujuk pada suatu aturan baku tertentu atau bedasarkan ketetapan tata naskah dalam suatu instansi atau perusahaan. Hal ini untuk menjamin keseragaman format dokumen.

Salah satu pengaturan penting dalam tata naskah adalah pengaturan margin pencetakan. Bagaimana cara pengaturannya margin pada halaman pengetikan teks? Artikel ini membahas tentang cara pengaturan batas margin pada halaman naskah dokumen di MS Word.

 

Pengertian Margin pada Halaman MS Word

Margin adalah batas pencetakan teks pada suatu halaman dokumen. Margin merupakan ruang kosong di antara batas teks dengan tepi kertas dokumen. Secara garis besar, margin terdiri 4 komponen yaitu margin kiri, margin kanan, margin atas, dan margin bawah. Keempat margin ini mewakili batas tepi keempat sisi kertas pencetakan.

Margin yang belum diubah di MS Word

 

Pengaturan Margin pada Halaman MS Word

Secara default, keempat margin pencetakan berukuran 2,54 cm atau 1 inch. Namun anda tentu saja dapat mengubahnya sesuai dengan batas margin standar yang anda gunakan sebagai acuan. Untuk mengubah batas tepi atau margin tersebut, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Klik tab Page Layout pada menu utama (menu paling atas)
  2. Klik ikon Margins (terletak di ujung kiri pita menu) maka akan tampil dropdown menu dengan pilihan (Last Custom Setting, Normal, Narrow, Moderate, Wide, Mirrored, Office Default, dan Custom Margin)
  3. Pilih Custom Margin, akan tampil jendela Page Setup
  4. Pad tab Margin, ganti nilai default (2,54 cm) dengan ukuran yang anda inginkan, misalnya kita akan mengatur margin atas [Top = 3 cm], margin bawah [Bottom = 3 cm], margin kiri [Left = 4 cm], dan margin kanan [Right = 3 cm].
  5. Atur Multiple Pages (Opsional, bisa diabaikan)
  6. Atur Apply for (Opsional, bisa diabaikan)
  7. Klik OK

Cara Mengatur Margin di MS Word

 

Hasilnya adalah sebagai berikut.

Margin yang sudah diubah di MS Word