Cara Menghemat Baterai HP

Low battery

Di zaman sekarang, ponsel pintar telah menyita sebagian besar waktu kita sehari-hari. Meskipun hal-hal tersebut penting bagi kita, kita juga perlu membatasi waktu yang kita habiskan untuk hal-hal tersebut. Oleh karena itu, kita juga harus terus memeriksa kesehatan baterai ponsel cerdas kita untuk situasi darurat.

Terkadang kita frustasi saat kehabisan baterai di saat kita menggunakan HP (handphone). Umumnya pengguna HP cukup sering memperhatikan status baterai di layar HP. Oleh karenanya penurunan daya tahan baterai umumnya dapat dirasakan pengguna. Penurunan daya tahan baterai dapat disebabkan karena berbagai faktor. Anda dapat melakukan penghematan baterai HP jika and amenyadari faktor-faktor tersbut. Berikut beberapa tips menghemat baterai HP sekaligus meningkatkan daya tahan baterai HP.

1. Turunkan Kecerahan Layar
Layar Anda adalah penghisap baterai utama pada ponsel Anda, dan semakin terang layarnya, semakin cepat baterai Anda terkuras. Sebagian besar ponsel cerdas menyertakan fitur kecerahan otomatis yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan.

2. Gunakan Layanan Lokasi Hanya Jika Diperlukan
Pengisap baterai besar lainnya adalah layanan lokasi yang berjalan di latar belakang. Anda dapat menonaktifkan akses aplikasi tertentu ke layanan lokasi untuk membatasi jumlah daya yang digunakan dan menghemat masa pakai baterai.

3. Update AplikasiĀ 
Dalam beberapa kasus, pembaruan perangkat lunak dapat membuat ponsel Anda lebih hemat daya.

4. Matikan Bluetooth Saat Tidak Digunakan
Ingatlah untuk mematikan Bluetooth saat Anda tidak berada di dalam mobil atau memutar musik secara nirkabel. Dengan melakukan ini, Anda dapat menambah satu jam atau lebih masa pakai baterai ponsel Anda.

5. Matikan Wifi Saat Tidak Digunakan
Mencari koneksi wifi terus-menerus menghabiskan daya baterai. Pastikan pengaturan wifi Anda dimatikan saat Anda tidak ingin terhubung.

6. Nonaktifkan Push Notification
Notifikasi push menggunakan kelebihan baterai karena membuat layar Anda menyala setiap kali ada peringatan. Menonaktifkan notifikasi push yang tidak perlu adalah cara jitu untuk menghemat daya baterai.

7. Turunkan Batas Waktu Layar Aktif
Demikian pula, Anda dapat mengurangi seberapa sering layar dihidupkan dengan mengurangi waktu hingga layar mati saat tidak digunakan.

8. Jauhkan HP dari Suhu Tinggi
Percaya atau tidak, cuaca sedang dapat menyebabkan berkurangnya masa pakai baterai ponsel cerdas Anda. Ingatlah untuk menjauhkan ponsel Anda dari sinar matahari langsung saat Anda bergelantungan di tepi kolam renang sepanjang hari.

9. Gunakan Nada Dering Pengganti Mode Getar
Proses motor getar membutuhkan lebih banyak daya dibandingkan nada dering, sehingga membuat peralihan cepat dan menghemat masa pakai baterai.

10. Aktifkan Mode Daya Rendah
Ponsel cerdas tertentu memiliki mode daya rendah yang akan membatasi beberapa fungsi latar belakang perangkat untuk menghemat baterai.