Cara Menghemat BBM Sepeda Motor Matic

Pengendara sepeda motor matic

Sepeda motor matic adalah sepeda motor dengan transmisi otomatis. Dibandingkan dengan sepeda motor transmisi manual, sepeda motor matic secara teknis lebih praktis dikendarai. Tidak mengherankan, sepeda motor matik telah mendominasi jalan khususnya di Indonesia dibandingkan dengan sepeda motor transmisi manual

Saat ini ada dua versi sepeda motor matic berdasarkan bahan bahan bakarnya yaitu sepeda motor matic BBM (bahan bakar minyak) dan sepeda motor matic listrik. Sementara ini sepeda motor matic BBM masih menjadi pilihan utama pengguna kendaraan roda dua.

Salah satu pertimbangan konsumen dalam memilih sepeda motor matic adalah konsumsi BBMnya. Secara umum konsumsi BBM sepeda motor matik bergantung pada spesifikasi teknis terutama kapasitas mesin (angka cc mesin) dan teknologi otomotif yang mendukungnya. Namun diluar spesifikasi teknis tersebut, kebiasaan berkendara dan perawatan juga dapat mempengaruhi konsumsi BBM. Berikut beberapa tips menghemat BBM bagi pengguna sepeda motor matic.

 

1. Pilih Kecepatan yang Optimal

Mengemudi dengan kecepatan yang stabil dan optimal dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar. Hindari percepatan dan pengereman yang tiba-tiba, serta pertahankan kecepatan yang konsisten di jalan raya.

Pengendara sepeda motor matic di jalan tanjakan

 

2. Perhatikan Tekanan Ban

Pastikan tekanan udara dalam ban sepeda motor anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang kurang angin dapat meningkatkan gesekan dengan jalan, sehingga meningkatkan konsumsi bahan bakar.

 

3. Rutin Servis dan Perawatan

Melakukan servis rutin pada sepeda motor anda adalah kunci untuk menjaga kinerja mesin yang optimal. Pastikan untuk mengganti oli mesin, filter udara, dan busi sesuai jadwal yang ditentukan oleh pabrikan.

 

4. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Pilihlah bahan bakar yang berkualitas baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bahan bakar yang buruk kualitasnya dapat mengurangi efisiensi mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

 

5. Hindari Membawa Beban Berlebih

Membawa beban yang berlebihan dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar karena mesin harus bekerja lebih keras untuk menahan beban tambahan. Bersihkan bagasi sepeda motor anda dan hindari membawa barang yang tidak perlu.

 

6. Matikan Mesin Saat Tidak Digunakan

Jika Anda berhenti untuk waktu yang lama, seperti saat menunggu di lampu merah yang lama atau saat beristirahat, matikan mesin sepeda motor anda. Hal ini akan menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Pengendara sepeda motor matic di jalan tikungan

 

7. Hindari Idle di Putaran Tinggi

Jika anda harus menunggu dalam keadaan idle (mesin menyala saat berhenti), pastikan untuk mempertahankan putaran mesin (rpm mesin) yang rendah. Idle di putaran tinggi dapat mengonsumsi bahan bakar lebih banyak daripada yang diperlukan.

 

8. Gunakan Rem Secukupnya

Hindari pengereman berlebihan dengan menggunakan rem secara berlebihan. Gunakan teknik pengereman yang lembut dan pastikan untuk memberikan jarak yang cukup dengan kendaraan di depan anda untuk menghindari pengereman yang mendadak.

 

9. Gunakan Akselerasi yang Ringan

Gunakan akselerasi yang ringan dan lancar saat memulai perjalanan atau ketika ingin meningkatkan kecepatan. Hindari memberikan gas secara berlebihan, karena ini dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

 

10. Hindari Jalan Rusak

Melewati jalan rusak dapat membuat bahan bakar lebih banyak terkuras. Jadi sebisa mungkin hindari jalanan berlubang agar hemat bahan bakar dan motor tidak cepat rusak.

 

Demikian beberapa tips menghemat BBM bagi pengendara motor matic. Dengan menerapkan beberapa tips ini dalam penggunaan sehari-hari, anda dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi biaya operasional sepeda motor matic anda. Selain itu, tindakan ini juga membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan dengan menghemat energi dan mengurangi emisi gas buang.