Cara Menghemat Energi Listrik di Rumah

Save energy banner

Listrik adalah kebutuhan pokok masyarakat modern. Hal ini karena energi listrik dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan yang membantu pekerjaan manusia. Saat banyak sekali alat rumah tangga yang menggunakan listrik, sebut saja lampu, pompa air, penanak nasi, AC, kipas angin, dan lain sebagainya. Meningkatnya kebutuhan listrik mungkin memberi dampak pada lingkungan dan menipiskan sumberdaya alam.

Bagi pengguna, konsumsi daya listrik yang semakin tinggi berarti meningkatkan biaya yang harus dibayar. Oleh karena itu setiap orang harus berperan dalam memanfaatkan energi secara bijak yaitu dengan menghemat energi. Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghemat energi listrik di rumah. Berikut beberapa diantaranya.

 

1. Matikan Lampu Jika Tidak Digunakan
Lampu listrik adalah alat listrik utama sebelum diciptakannya berbagai alat listrik modern. Lampu listrik hanya digunakan pada malam hari atau di tempat yang kurang penerangan. Anda dapat menghemat listrik dengan cara mematikan listrik saat tidak diperlukan.

Energi ramah lingkungan

2. Gunakan Lampu Hemat Energi
Hadirnya teknologi LED pada produk lampu modern adalah lompatan besar dalam upaya penghematan energi lisrik. Lampu LED dapat memberikan tingkat penerangan yang jauh lebih besar daripada lampu pijar klasik. Anda dapat membandingkan berbagai produk lampu untuk mendapatkan tingkat penerangan maksimal. Bedakan daya listrik lampu yang digunakan berdasarkan kebutuhan dan luasan ruang, misalnya lampu kamar mandi menggunakan lampu dengan angka watt yang lebih kecil daripada ruang keluarga.

3. Desain Rumah dengan Penerangan Alami
Manfaatkan sinar matahari di siang hari untuk memberikan penerangan di dalam rumah. Berikan akses maksimal masuknya sinar matahari dengan menyediakan pintu, jendela, kaca, dan void secara optimal. Hal ini mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

4. Matikan Alat Listrik yang Tidak Digunakan
Anda mungkin terbiasa menyalakan alat listrik secara terus menerus. TV dan AC atau kipas angin adalah beberapa peralatan listrik yang seringkali lupa dimatikan saat tidak digunakan. Kebiasaan ini merupakan pemborosan energi listrik.

5. Gunakan Alat Listrik dengan Fitur Hemat Energi
Beberapa desain alat listrik modern dilengkapi dengan fitur hemat energi. Sebagai contoh beberapa desain AC dan TV dapat mengenali keberadaan pengguna. Laptop dan PC akan otomatis berada dalam mode hemat energi saat tidak digunakan.

Hemat energi

6. Otomatisasi
Otomatisasi pada alat listrik dapat menghematr energi. Beberapa desain lampu dapat menyala dengan sensor cahaya matahari, hal ini memastikan bahwa lampu tersebut hanya menyala saat gelap. TV modern dilengkapi timer yang dapat anda set waktu tayangnya saat anda khawatir akan ketiduran. Anda juga dapat menggunakan timer untuk membatasi penggunaan berbagai alat listrik, jika anda khawatir lupa mematikan alat tersebut.

7. Gunakan Mesin Cuci dengan Jadwal
Mesin cuci adalah salah satu alat listrik yang menggunakan daya yang cukup besar. Dengan menggunakan mesin cuci dengan jadwal, anda akan mempersiapkan jumlah cucian berdasarkan jadwal tersebut.

8. Optimalkan Seting Suhu AC
Seting suhu AC pada angka yang nyaman. Perhatikan suhu ruangan yang direkomendasikan. Seting suhu yang telalu rendah akan meningkatkan kerja AC.

9. Hemat Air
Jika anda menggunakan air dari sumur pompa maka perlu diingat bahwa pompa air temasuk alat listrik yang menggunakan banyak energi listrik.  Menghemat penggunaan air bererti akan mengurangi waktu nyala pompa air.

10. Pastikan Alat Litrik Bekerja dengan Baik
Alat listrik yang tidak terawat atau rusak akan menyebabkan pemborosan energi listrik. Beberapa alat listrik perlu diservis secara berkala misalnya AC. Setrika listrik yang sudah rusak tidak akan memberikan panas optimal meskipun anda seting dengan suhu paling tinggi. Pompa air yang berisik mengindikasikan terjadi kerusakan yang mungkin mengurangi kinerja alat tersebut.