Cara Menghitung Persen dengan Kalkulator HP

Kalkulator hp

Pada umumnya orang tidak asing dengan angka persen atau bilangan persen. Penggunaan angka persen saat ini sangat populer terutama dalam promosi untuk menyatakan diskon atau potongan harga. Anda pasti sering menjumpai promosi produk dengan diskon 10%, 20%, 30%, dan lain sebagainya,

Pada awalnya persentase adalah angka yang biasa digunakan dalam laporan dan berita resmi untuk menyatakan perbandingan atau rasio. Namun karena kepraktisannya, persen digunakan dalam banyak bidang. Hal ini membuat masyarakat umum terbiasa menggunakan angka persen.

Pada umumnya orang memahami dengan baik pengertian angka persen. Namun untuk menghitung besarnya persen kadang diperlukan kalkulator. Untungnya saat ini hampir semua orang memiliki HP atau ponsel. Ponsel adalah gadget serbaguna yang menyediakan banyak fasilitas fungsional, salah satunya adalah kalkulator.

 

Pengertian dan Rumus Persen

Angka persen atau persentase adalah angka yang menunjukkan bagian perseratus. Contohnya 25% adalah sama dengan 25/100 bagian. Angka persen ditandai dengan simbol persen (%) di belakang angka tersebut.

Berdasarkan pengertian angka persen tersebut maka menghitung persen cukup sederhana. Cara menghitung persen adalah dengan membagi jumlah bagian dengan jumlah keseluruhan kemudian dikalikan dengan 100%. Jika dinyatakan dalam formula matematika, maka rumus menghitung persen adalah sebagai berikut.

Rumus menghitung persen

 

Cara Menghitung Persen Di Kalkulator Ponsel

Misalkan berdasarkan data kependudukan suatu RT yang terdiri dari 120 KK (Kepala Keluarga) terdapat 15 KK yang belum memiliki Kartu KK. Anda dapat menghitung persentase KK yang belum memiliki Kartu KK dengan menggunakan rumus di atas.

Persentase = (15/120) x 100 persen

Menghitung persen dengan kalkulator hp

Setelah menyentuh tombol = diperoleh hasil perhitungannya adalah 12,5. Jadi Persentase KK yang belum memiliki kartu KK adalah 12,5%. (Perhatian: Jangan menggunakan tanda % pada kalkulator saat menghitung persentase karena tanda % artinya membagi angka dengan 100).

 

Cara Menghitung Angka Berdasarkan Persentase

Misalkan diketahui luas sebidang sawah adalah 4 hektar dan 80% sudah ditanami padi. Berdasarkan rumus persen di atas, anda dapat menghitung luas sawah yang sudah ditanami sebagai (80/100) x 4 hektar.
Pada kalkulator anda dapat langsung menggunakan tanda %, dalam hal ini (80/100) = 80%.

Luas sawah yang ditanami = 80% x 4 hektar

Menghitung angka berdasarkan persentase dengan kalkulator hp

Setelah menyentuh tombol = diperoleh hasil perhitungannya adalah 3,2. Jadi luas sawah yang sudah ditanami adalah 3,2 hektar. (Catatan: tanda X pada operasi perhitungan di kalkulator di atas adalah opsional, artinya bisa dihilangkan, hasil perhitungannya akan sama yaitu 3,2).

 

Keuntungan Menggunakan Angka Persen

Angka persen sangat populer digunakan karena penggunaan angka persen memberikan beberapa keuntungan. Persentase tidak menyebutkan angka eksak sehingga lebih sederhana. Penyebutan angka persen biasanya disederhanakan (tanpa angka di belakang koma atau hanya satu atau dua angka di belakang koma).

Angka persen adalah angka relatif. Jika anda menjual beragam produk dengan harga diskon 10% untuk setiap produk, anda tidak perlu mengubah label harga semua barang tersebut. Hal ini mempermudah anda mengubah harga misalnya dengan menaikkan atau menurunkan persentase diskon.

Angka persen merupakan angka perbandingan atau rasio. Anda bisa mengungkapkan seberapa besar kenaikan keuntungan bisnis anda, tanpa harus menyebutkan berapa rupiah peningkatan keuntungan tersebut. Hal ini menghindari anda menyebutkan angka yang perlu dirahasiakan.