Cara Mengubah Satuan inch ke cm di Microsoft Word

Ruler di MS Word

Jika anda pengguna computer, anda pasti sangat familiar dengan software pengolah kata (word proscessor) Microsoft Word. Software ini adalah yang paling ternama dan paling banyak digunakan dalam pengetikan dokumen. Meskipun sudah terbiasa menggunakan software ini, anda mungkin kadang masih kesulitan dalam mengatur seting tertentu.

Dalam tata naskah seringkali pengetikan dan pencetakan dokumen diatur menurut suatu ketentuan. Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan format penulisan dan pencetakan seperti jenis huruf (font), ukuran huruf, spasi, ukuran kertas, ukuran gambar, dan lain sebagainya. Hal ini seringkali membutuhkan pengaturan tertentu untuk menampilkan alat yang diperlukan.

Salah satu pengaturan yang mungkin perlu dilakukan dalam penulisan menggunakan software Microsoft Word adalah pengaturan ukuran layout (tata letak), baik teks maupun gambar. Perangkat lunak Microsoft Word memiliki fasilitas yang disebut Ruler (mistar ukur) untuk membantu penyesuaian (seting) ukuran secara horizontal maupun vertikal. Bentuknya berupa bilah (bar) dengan skala dan angka-angka.

Fasilitas Ruler ini terutama bermanfaat untuk membantu dalam penyesuaian margin yaitu batas tepi (kiri, kanan, atas, bawah). Selain itu Ruler juga bermanfaat untuk mengecek ukuran kertas pencetakan, indensasi, jarak kolom dan baris pada tabel, dan pengaturan jarak teks lainnya. Kadangkala pengguna juga menggunakan Ruler sebagai patokan dalam menggambar atau menyesuaikan ukuran gambar agar sesuai dengan yang diinginkan.

Secara default Ruler ditampilkan dalam satuan imperial (British) yaitu inch. Hal ini seringkali membuat tidak nyaman pengguna yang terbiasa menggunakan satuan sistem internasional (SI) seperti centimeter atau millimeter. Oleh karena itu pengguna akan perlu melakukan seting untuk mengubah satuan pada Ruler (mistar ukur) tersebut.

Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan mengenai satuan ini. Hal ini terutama jika pengguna hapal bahwa konversi 1 inch = 2,54 cm atau 25,4 mm. Jika anda salah satu pengguna yang ingin mengubah seting satuan tersebut, berikut ini langkah-langkahnya.

 

Cara Menampilkan Ruler (Mistar Ukur)

Jika pada tampilan layar Microsoft Word anda belum terlihat bilah Ruler, anda dapat menampilan bilah Ruler tesebut. Untuk menampilkan bilah Ruler klik tombol VIEW pada menu utama (menu paling atas) lalu centang checkbox Ruler. Bilah Ruler berupa mistar ukur akan ditampilkan di sebelah atas layout dan bagian kiri layout (seperti terlihat gambar). Jika ingin menyembunyikan Ruler lakukan klik VIEW lalu hilangkan centang pada checkbox Ruler.

Menampilkan Ruler di MS Word

 

Langkah-langkah Mengubah Satuan Ruler dari inch ke cm

  1. Klik menu FILE pada menu utama (menu paling atas)
  2. Pilih menu Options yang berada di posisi paling bawah (catatan: jika tidak terlihat Options, klik More…) Maka akan muncul kotak pengaturan Word Options.
  3. Klik tombol Advanced untuk membuat pengaturan selanjutnya
  4. Geser scroll bar di bagian kanan kotak pengaturan ke bawah untuk menemukan bilah pengaturan Display.
  5. Klik Inches, pilih Centimeters pada opsi Show measurements in units of.
  6. Klik OK untuk menyimpan seting.

Mengubah satuan inch ke cm di MS Word

 

Berikut tampilan Ruler (mistar ukur) horizontal dan vertikal dalam cm.

Ruler di MS Word dalam cm