Cara Mengurangi Konsumsi Gula

Makanan manis

Gula adalah salah satu bahan yang menentukan citarasa baik pada makanan maupun minuman. Hampir semua orang dapat menikmati rasa manis gula. Tidak heran jika makanan dan minuman manis adalah menu favorit bagi banyak orang.

Dibalik rasanya yang manis, gula telah menjadi bahan yang “dianggap” tidak sehat. Hal ini karena banyak orang cenderung tidak dapat membatasi konsumsi gula dalam menu makanan sehari-hari. Konsumsi gula berlebihan dapat menyebabkan kelebihan berat badan yang merupakan faktor resiko bagi banyak penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan lain sebagainya.

Banyak orang mengakui bahwa sangat sulit untuk mengurangi konsumsi gula dalam menu sehari-hari. Jika anda ingin mengurangi konsumsi gula, anda harus memiliki keinginan kuat dengan mengubah kebiasaan makan dan minum sehari hari. Berikut beberapa tips untuk membantu anda mengurangi asupan gula dalam makanan harian.

Kopi dengan gula

1. Hindari Minuman Manis
Minuman manis berkontribusi signifikan terhadap asupan gula yang tinggi. Minuman tersebut antara lain soda, jus buah, dan minuman energi. Ganti minuman ini dengan air, teh hijau atau herbal, atau susu almond tanpa pemanis, yang merupakan alternatif lebih baik yang tidak akan menambahkan gula yang tidak perlu ke dalam makanan anda.

2. Kurangi Makanan Olahan
Sebagian besar makanan olahan mengandung gula tambahan, bahkan yang mungkin tidak terasa manis, seperti roti, kerupuk, dan saus pasta. Cara terbaik untuk mengurangi asupan gula adalah dengan mengurangi makanan olahan sama sekali. Pilihlah makanan utuh, yang lebih sehat dan mengandung gula alami.

3. Baca Label Makanan
Label makanan adalah sumber informasi penting dalam menentukan kadar gula. Kuncinya adalah mengetahui berbagai nama gula yang sering dicantumkan, seperti sukrosa, glukosa, fruktosa, dekstrosa, maltosa, dan lain-lain. Nama-nama ini terkadang menyesatkan dan mudah disembunyikan di daftar bahan. Dengan membaca label makanan, anda akan dapat membuat pilihan yang lebih cerdas terkait asupan gula.

Kue manis

4. Pilihlah Makanan Utuh
Makanan utuh, terutama buah-buahan dan sayuran, dapat membantu mengurangi asupan gula. Makanan ini mengandung gula alami yang diserap lebih lambat oleh tubuh dan lebih mudah diproses oleh hati. Oleh karena itu, pilihlah buah dan sayuran utuh, dan hindari minuman manis, permen, dan makanan olahan.

5. Gunakan Pemanis Alami
Jika Anda menyukai makanan yang manis, anda bisa menggunakan pemanis alami seperti madu, sirup maple, dan stevia. Selain itu, anda juga bisa menggunakan buah kering, kayu manis atau pala sebagai alternatif pengganti gula. Pemanis alami ini lebih sehat dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda.

6. Rencanakan Menu
Merencanakan menu makanan adalah cara yang efektif untuk mengurangi asupan gula. Ini akan membantu anda tetap teratur dan memastikan anda membuat pilihan yang lebih sehat. Selain itu, merencanakan makanan memastikan anda memiliki buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak di piring anda, yang dapat membantu anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi keinginan akan makanan atau minuman bergula.

7. Terapkan “Mindful Eating”
Mindful eating atau makan dengan kesadaran membantu anda mengurangi asupan gula dengan memungkinkan anda tetap fokus pada rasa dan tekstur makanan. Mindful eating juga membantu anda lebih memperhatikan isyarat rasa lapar dan kenyang, yang dapat membantu anda menghindari makan berlebihan atau makan saat anda tidak lapar. Selain itu, ketika makan dengan penuh kesadaran, anda dapat memilih pilihan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, yang akan berkontribusi pada kesehatan anda secara keseluruhan.