Cara Menulis Angka Pangkat di Microsoft Word dengan Format Superscript

Superscript

Bagi anda pengguna komputer tentu tidak asing dalam membuat naskah dengan perangkat lunak (software) MS Word (Microsoft Word). Dalam menulis naskah dengan MS Word, adakalanya anda perlu menulis bilangan berpangkat atau angka berpangkat. Misalnya saat menuliskan bilangan kuadrat, pangkat 3, pangkat 4 dan lain sebagainya. Angka pangkat dalam juga sering digunakan dalam rumus. Beberapa satuan besaran juga menggunakan format teks berpangkat misalnya cm2 (centimeter persegi) pada satuan luas.

Dalam format saintifik angka juga dapat ditulis menggunakan bilangan berpangkat. Misalnya konstanta Avogadro ditulis dalam format saintifik sebagai 6,02214076×1023. Banyak persamaan dalam matematika yang melibatkan variabel berpangkat seperti Y = 2x2 – 1. Atau sebaliknya variabelnya merupakan pangkat dari bilangan seperti 2(n-1).

Dalam MS Word, format angka dengan posisi lebih tinggi seperti halnya pada pangkat bilangan disebut format superscript. Dengan format superscript, anda dapat menulis teks apapun dengan posisi yang lebih tinggi dari teks sebelumnya. Hal ini sangat bermanfaat dalam penulisan angka berpangkat.

 

Format Superscript pada MS Word

Superscript adalah format teks dengan posisi sedikit lebih tinggi dari teks standar (regular) dan huruf yang lebih kecil. Penggunaan yang paling umum dalam matematika adalah untuk menuliskan bilangan berpangkat atau angka berpangkat. Format superscript juga dapat digunakan untuk menulis rumus (formula) matematika.

Ikon format superscript terdapat pada menu utama MS Word. Ikon ini tepatnya berada di kelompok Tab HOME pada kelompok sub menu FONT.

Ikon superscript

 

Cara Menulis Angka Pangkat dengan Ikon Superscript

Ada dua cara yang dapat anda lakukan untuk menulis angka berpangkat mengunakan format superscript.

Cara pertama menuliskan semua angka termasuk angka pangkat lalu memblok atau menyorot (highlight) angka yang akan diformat sebagai superscript. Setelah itu, klik ikon superscript sehingga angkanya berubah menjadi format superscript. Anda bisa memilih teks yang tidak berurutan dengan cara menyoroti teks sambil menekan CTRL pada keyboard.

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan format superscript dengan mengklik ikon superscript lalu mengetikkan angka pangkatnya dengan format superscript. Untuk mengembalikan ke format huruf biasa (regular), non-aktifkan format subscription dengan mengklik ikon superscript sekali lagi. Demikian seterusnya.

 

Cara Menulis Angka Superscript Menggunakan Keyboard

Anda juga bisa menggunakan format superscript tanpa ikon superscript melainkan dengan key keyboard. Tekan CTRL + SHIFT + [+] secara bersamaan. Cara ini bagi sebagian pengguna laptop (tanpa mouse) cukup praktis dan efektif.

 

Cara Memunculkan Tombol Superscript di Menu MS Word

Untuk menggunakan format superscript, anda dapat menggunakan tombol ikon superscript dengan symbol X2. Ikon superscript berada dalam kelompok submenu FONT pada Tab HOME. Jika anda tidak dapat menemukan kelompok submenu FONT pada Tab MENU, anda bisa memunculkannya tersebih dahulu melalui pengaturan (setting). Caranya sebagai berikut.

Menambahkan ikon format superscript pada menu ms word

  1. Buka Tab FILE
  2. Buka OPTIONS (Jika tidak terlihat, klik MORE… lalu pilih OPTIONS)
  3. Pilih CUSTOMIZE RIBBON
  4. Klik dropdown menu CHOOSE COMMANDS FROM: Pilih MAIN TABS
  5. Pada kotak pilihan di bawahnya, cari dan dobel klik HOME
  6. Pilih FONT
  7. Pada kotak sebelah kanan dobel klik HOME
  8. Klik Tombol ADD
  9. Klik OK