Hubungan watt dengan kWh pada Pemakaian Listrik

Hubungan watt dengan kwh pada pemakaian listrik

Listrik adalah adalah salah satu penemuan yang paling mempengaruhi kehidupan. Saat ini kehidupan modern sangat mengandalkan listrik. Hal ini karena listrik pada dasarnya energi yang memberikan tenaga pada alat-alat yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia.

Untuk menggunakan listrik konsumen harus membayar pada perusahaan penyedia jaringan listrik. Besarnya biaya yang harus dibayar konsumen sebanding dengan besarnya energi listrik yang digunakan. Semakin besar energi yang digunakan konsumen maka semakin banyak yang harus ia dibayar.

Menggunakan listrik secara bijak dapat menghemat konsumsi listrik. Menghemat pemakaian listrik dapat dilakukan dengan dua cara utama. Pertama menggunakan alat listrik dengan daya yang lebih rendah, kedua dengan mengurangi durasi penggunaan alat listrik.

Daya listrik pada alat listrik dinyatakan dalam angka watt alat listrik. Sedangkan pembayaran listrik berdasarkan angka kWh. Apa hubungan antara watt dengan kWh? Berikut penjelansannya.

Lampu plafon

 

Watt adalah Satuan Daya Listrik

Watt adalah satuan daya (power) listrik yang digunakan oleh alat listrik. Saat anda membeli sebuah alat listrik atau alat elektronik yang menggunakan listrik, pastikan anda mengecek berapa daya listrik yang digunakan alat tersebut. Alat listrik dengan angka watt yang lebih kecil akan lebih hemat menggunakan daya listrik.

Penggunaan daya listrik oleh alat listrik sangat beragam. Sebuah bohlam LED untuk ruangan umumnya menggunakan daya listrik mulai dari 3 watt sampai 100 watt. Tentu saja lampu dengan angka watt yang lebih tinggi memberikan cahaya yang lebih terang (angka lumen lebih tinggi). Jadi pada dasarnya konsumsi daya listrik sangat bergantung pada kebutuhan. Meskipun lampu 3 watt jauh lebih hemat, tapi anda tidak akan menggunakannya sebagai lampu penerangan di ruang tamu atau di ruang keluarga.

kwh meter

 

kWh adalah Satuan Energi Listrik

kWh adalah salah satu satuan besaran energi. kWh singkatan dari kilowatt.hour (diterjemahkan sebagai kilowatt.jam). Satuan energi dalam satuan SI (sistem internasional) adalah joule. 1 joule sama dengan 1 watt.detik. Kesetaraan kWh dengan joule adalah sebagai berikut.

1 joule = 1 watt.detik
1 kWh = 1 kilowatt.jam
Diketahui bahwa 1 kilowatt = 1.000 watt dan 1 jam = 3.600 detik
Jadi
1 kWh = 1.000 watt x 3.600 detik
1 kWh = 3.600.000 watt.detik (joule)

Dalam bidang teknik, satuan energi biasanya dinyatakan dalam joule (J). kWh biasanya digunakan dalam perhitungan pemakaian listrik, karena harga listrik yang dibayarkan konsumen adalah berdasarkan angka kWh. Anda akan menemukan angka kWh listrik yang anda konsumsi pada alat ukur yang mencatat kWh yang disebut kWh-meter. Perhatikan struk pembayaran listrik anda, jumlah yang anda bayarkan adalah berdasarkan jumlah angka kWh (tentunya ada sedikit tambahan biaya lain-lain).

kipas lampu plafon

 

Hubungan watt dan kWh dan Contoh Perhitungan

Watt adalah satuan daya (power) yang digunakan rangkaian listrik atau alat listrik. kWh adalah satuan energi listrik yang digunakan.

          Daya = Energi/Waktu
          Energi = Daya x Waktu

Untuk lebih jelasnya mengenai hubungan watt daya dan kWh energi, berikut dua buah contoh perhitungan energi listrik yang digunakan alat listrik yang berbeda.

Contoh Pertama: Misalkan sebuah lampu LED menggunakan daya 20 watt. Anda bisa menghitung energi yang digunakannya jika anda mengetahui berapa lama lampu tersebut menyala. Jika lampu tersebut menyala semalaman penuh dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi atau selama 12 jam, maka energi listrik yang digunakan lampu LED tersebut adalah sebagai berikut.

Energi = Daya x Waktu
Energi = 20 watt x 12 jam
Energi = 240 watt.jam (diketahui 1 watt = 1/1.000 kilowatt)
Energi = 240/1.000 kWh
Energi = 0,24 kilowat.jam = 0,24 kWh
Jadi energi yang digunakan oleh lampu 20 watt selama 12 jam adalah 0,24 kWh.

Contoh Kedua: Misalkan sebuah blender menggunakan daya 300 watt digunakan untuk membuat jus dengan seting waktu 2 menit, maka besarnya energi listrik yang digunakan adalah sebagai berikut.

Energi = Daya x Waktu
Energi = 300 watt x 2 menit (diketahui 1 menit = 1/60 jam)
Energi = 300 watt x (2/60) jam
Energi = 10 watt.jam (diketahui 1 watt = 1/1.000 kilowatt)
Energi = 10/1.000 kWh
Energi = 0,01 kWh
Jadi energi listrik yang digunakan blender 300 watt selama 2 menit adalah 0,01 kWh.

Berdasarkan kedua contoh perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa meskipun lampu LED tersebut hanya menggunakan daya 10 watt tetapi energi yang digunakannya lebih besar dari blender 300 watt. Hal ini karena lampu LED 20 watt menggunakan energi yang lebih banyak dari blender 300 watt.

 

Kesimpulan

  • Watt adalah satuan daya listrik yang digunakan alat listrik
  • kWh adalah satuan energi yang digunakan alat listrik
  • Hubungan antara daya listrik dan energi listrik adalah: Energi = Daya x Waktu
  • Perhitungan kWh listrik berdasarkan watt daya dan waktu pemakaian alat listrik.