Pengertian Align Left, Align Right, Center, dan Justify pada Microsoft Word

Pengertian align left right center justify pada ms word

Microsoft Word (MS Word) adalah aplikasi atau software pengolah kata yang paling populer. Aplikasi buatan microsoft ini seringkali digunakan sebagai standar penulisan naskah secara elektronik digital. Beberapa produk komputer menjadikan aplikasi ini sebagai paket bundling sehingga sudah tersedia di komputer anda saat baru dibeli tanpa perlu anda install.

Keterampilan dalam menggunakan komputer dapat membuat naskah elektronik anda lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Salah satu fungsi yang kadang kurang diperhatikan pengguna MS Word adalah fungsi “alignment”. Padahal ini adalah fungsi mendasar dalam penulisan naskah resmi.

Alignment adalah pengaturan teks agar lebih rapi. Penggunaan fungsi ini sederhana dan ringkas. Hal ini karena secara default fungsi ini tersedia dalam bentuk tombol dengan ikon yang mudah dikenali.

Ada empat jenis alignment yang tersedia di MS Word. Keempat jenis alignment tersebut adalah align left, align right, center, dan justify. Apa perbedaan keempat jenis alignment tersebut? Berikut ini pembahasannya.

Ikon alignment pada ms word

 

Pengertian Alignment (Perataan)

Alignment atau perataan adalah pengaturan batas huruf paling ujung. Perataan ini membuat naskah menjadi lebih rapi dan mudah diikuti pembaca. Bergantung keperluan, perataan dapat dilakukan menurut beberapa patokan. Dalam MS Word ada 4 patokan perataan yitu menggunakan align left, align right, center dan justify.

 

Align Left (Ratakan Kiri)

Perintah ALIGN LEFT digunakan untuk membuat naskah rata kiri. Dengan penggunakan perintah ini, baris-baris teks akan terlihat berada dalam satu garis lurus di sisi kiri. Perataan ini adalah salah satu yang paling umum digunakan dalam berbagai naskah. Ini memudahkan pembaca mengikuti peralihan teks dari baris yang satu ke baris berikutnya.

Contoh align left pada naskah ms word

Cara melakukan perataan kiri menggunakan ALIGN LEFT:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata kiri
  2. Pada Tab HOME, di kelompok PARAGRAPH, klik ALIGN LEFT

Cara lainnya adalah dengan menggunakan shortcut:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata kiri
  2. Pada keyboad tekan CTRL + L

 

Align Right (Ratakan Kanan)

Perintah ALIGN RIGHT digunakan untuk membuat naskah rata kanan. Dengan penggunakan perintah ini baris-baris teks akan terlihat berada dalam satu garis lurus di sisi kanan. Perataan ini sering digunakan pada teks estetik misalnya pada poster, puisi, narasi, dan lain sebagainya yang mementingkan keserasian komposisi teks pada bidang konten. Selain itu teks ini juga biasa digunakan untuk keterangan gambar jika posisi gambarnya berada di sebelah kanan teks.

Contoh align right pada naskah ms word

Cara melakukan perataan kanan menggunakan ALIGN RIGHT:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata kanan
  2. Pada Tab HOME, di kelompok PARAGRAPH, klik ALIGN RIGHT

Cara lainnya adalah dengan menggunakan shortcut:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata kanan
  2. Pada keyboad tekan CTRL + R

 

Center (Tengahkan)

Perintah CENTER digunakan untuk membuat naskah rata tengah. Dengan penggunakan perintah ini setiap baris teks akan terlihat mengumpul di tengah. Jenis perataan ini biasa digunakan pada teks estetik (poster, puisi narasi) dan pada halaman khusus (cover, pembukaan, penutup).

Contoh center pada naskah ms word

Cara melakukan perataan kiri menggunakan CENTER:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata tengah
  2. Pada Tab HOME, di kelompok PARAGRAPH, klik CENTER

Cara lainnya adalah dengan menggunakan shortcut:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata tengah
  2. Pada keyboad tekan CTRL + E

 

Justify (Ratakan Kiri-Kanan)

Perintah JUSTIFY digunakan untuk membuat naskah rata kiri dan kanan. Dengan penggunakan perintah ini baris-baris teks akan terlihat berada dalam satu garis lurus di sisi kiri maupun di sisi kanan. Konsekuensi dari pengaturan ini menyebabkan jarak (space) antar kata pada baris yang satu berbeda dengan jarak antar kata pada beris lainnya. Ini adalah salah satu pengaturan perataan yang banyak digunakan dalam teks resmi.

Contoh justify pada naskah ms word

Cara melakukan perataan kiri menggunakan JUSTIFY:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata kiri dan kanan
  2. Pada Tab HOME, di kelompok PARAGRAPH, klik JUSTIFY

Cara lainnya adalah dengan menggunakan shortcut:

  1. Pilih sorot teks yang akan dirata kiri dan kanan
  2. Pada keyboad tekan CTRL + J