Pengertian Bidang 2D

Pengertian bidang 2d

Dalam geometri kita sering membahas mengenai bidang. Bentuk bidang sangat beragam seperti lingkaran, segitiga, persegi panjang, dan lain sebagainya. Bentuk bidang beraturan memudahkan kita dalam menghitung berbagai properti ukuran bidang seperti keliling, diagonal, diameter, luas, dan lain-lain menggunakan rumus yang relatif sederhana..

Dalam pembahasan mengenai permukaan datar, kadang digunakan istilah bidang 2 dimensi atau disingkat bidang 2D. Misalnya saat membuat gambar, anda mungkin diminta untuk membuat gambar 2D. Dalam hal ini yang dimaksud adalah gambar pada permukaan datar.

Kita mengenal terminologi bidang 2 dimensi dalam banyak topik, tidak hanya dalam bidang matematika. Apa yang dimaksud bidang 2 dimensi? Berikut pembahasan mengenai bidang 2 dimensi.

 

Istilah Bidang 2D

Bidang 2D adalah singkatan dari bidang 2 dimensi. Sebenarnya penyebutan bidang 2 dimensi adalah “berlebihan”. Karena sebuah bidang pastilah memiliki 2 dimensi. Jadi apa yang disebut dalam istilah populer sebagai “bidang 2D”, dalam matematika cukup disebut “bidang” saja, atau “permukaan 2 dimensi” saja.

Penyebutan bidang 2D seringkali dipakai untuk membedakan dengan ruang 3D. Sekali lagi, penyebutan ruang 3D juga adalah “berlebihan”. Karena sebuah ruang pastilah memiliki 3 dimensi.

Istilah bidang 2D adalah terminologi yang tidak begitu populer dalam bidang matematika. Istilah bidang 2D lebih populer dalam pembahasan selain matematika misalnya dalam bidang seni, grafis, arsitektur, desain, programming, game, animasi, robotika, simulasi, virtual reality, dan lain sebagainya.

 

Definisi Bidang 2 Dimensi

Dalam geometri, bidang adalah permukaan datar yang memanjang hingga tak terhingga. Bidang juga dikenal sebagai permukaan dua dimensi (2D). Sebuah bidang memiliki ketebalan nol, kelengkungan nol, lebar tak terhingga, dan panjang tak terhingga.

Sebenarnya sulit untuk membayangkan sebuah bidang dalam kehidupan nyata. Bidang terdapat pada keenam permukaan kotak atau kubus. Selembar kertas adalah contoh ideal sebuah bidang geometris, dalam hal ini ketebalan kertas diabaikan. Kita dapat melihat contoh bidang di mana posisi suatu titik tertentu pada bidang ditentukan dengan koordinat. Koordinat menunjukkan lokasi titik-titik di bidang.

Bidang 2 dimensi

Gambar di atas adalah permukaan datar yang memanjang ke segala arah. Jadi, itu adalah bidang. Bentuk- bentuk bidang seperti lingkaran, segitiga, segi empat, dsb adalah contoh bidang yang dibatasi oleh garis atau lengkungan.

 

Sifat-Sifat Bidang

Sebuah bidang dalam matematika memiliki sifat-sifat berikut:

  • Jika ada dua bidang yang berbeda, maka keduanya sejajar satu sama lain atau berpotongan dalam sebuah garis.
  • Sebuah garis sejajar dengan bidang, memotong bidang di satu titik, atau terletak di bidang.
  • Jika ada dua garis berbeda yang tegak lurus pada bidang yang sama, maka keduanya harus sejajar satu sama lain.
  • Jika dua bidang berbeda tegak lurus terhadap garis yang sama, keduanya harus sejajar.

 

Bidang Sejajar dan Bidang Berpotongan

Bidang sejajar (parallel) adalah bidang yang tidak pernah berpotongan. Gambar di bawah menunjukkan dua bidang, P dan Q, yang tidak saling berpotongan. Jadi, mereka adalah bidang sejajar. Contoh bidang sejajar, adalah seperti dua dinding ruangan yang berseberangan.

2 bidang sejajar

Bidang berpotongan adalah bidang yang tidak sejajar dan selalu berpotongan sepanjang garis. Dua bidang tidak dapat berpotongan di lebih dari satu garis. Gambar di bawah menunjukkan dua bidang, P dan Q, berpotongan dalam satu garis XY. Oleh karena itu, garis XY adalah garis bersama antara bidang P dan Q. Dua dinding yang bertemu di sudut ruangan adalah contoh nyata dari bidang yang berpotongan.

2 bidang berpotongan