Pengertian Brightness (Kecerahan) pada Layar Ponsel dan Cara Mengaturnya

Ponsel di dalam ruangan

Ponsel (telepon seluler) atau hp (handphone) adalah gadget elektronik yang sangat serbaguna. Ponsel pintar atau smartphone tidak lagi hanya sebagai alat komunikasi pengganti telepon kabel. Ponsel sudah menjadi alat kerja, perangkat hiburan, kamera foto dan video, dan lain sebagainya.

Ponsel telah menjadi gadget elektronik yang paling pesat perkembangan teknologinya. Hal ini untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna yang semakin meningkat. Perkembangan teknologi tersebut tidak hanya berkaitan dengan keandalan fungsi perangkat tetapi juga kenyamanan pengguna.

Fitur-fitur yang berkaitan dengan kenyamanan umumnya dapat dikustomisasi (diatur sesuai selera) oleh pengguna. Hal ini karena setiap pengguna mungkin memiliki preferensi atau kondisi lingkungan yang berbeda. Kustomisasi fungsi sangat bermanfaat terutama bagi pengguna yang suka melakukan eksplorasi fitur ponsel untuk memaksimalkan fungsi tersebut. Namun bagi orang sebagian orang, pengaturan fitur otomatis pada ponsel mereka sudah lebih dari memadai tanpa perlu kustomisasi.

Namun adakalanya pengguna secara tidak sengaja mengubah seting fungsi tertentu pada ponsel mereka yang mungkin menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna. Dalam hal ini pengguna harus melakukan pengaturan (seting) untuk fungsi tersebut.

Salah satu fitur pengaturan pada ponsel yang dapat dikustomisasi adalah brightness atau kecerahan layar. Apa itu brightness atau kecerahan layar, apa manfaatnya, dan bagaimana cara mengaturnya? Berikut pembahasannya.

 

Apa Itu Brightness (Kecerahan) Layar Ponsel?

Brightness, yang dalam bahasa Indonesia berarti kecerahan, merupakan pengaturan pada layar ponsel yang menentukan tingkat intensitas cahaya yang dipancarkan. Semakin tinggi nilai brightness, semakin terang layar, dan sebaliknya.

Nit adalah satuan besaran kecerahan layar digital. 1 nit sama dengan 1 candela per meter persegi (cd/m2). Sebuah ponsel dengan spesifikasi 1.000 nit artinya kecerahan maksimum layar ponsel tersebut 1.000 cd/m2. Angka nit sebuah ponsel adalah nilai maksimum kecerahan layar ponsel tersebut. Konsep ini membantu pengguna untuk memahami bahwa tingkat kecerahan setiap ponsel mungkin berbeda.

 

Manfaat Mengatur Brightness (Kecerahan) Layar Ponsel

Ada beberapa manfaat pengaturan brightness atau kecerahan layar ponsel yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna dalam melakukan pengaturan.

  • Kesehatan Mata: Brightness yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan bahkan kerusakan mata permanen. Mengatur brightness sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar dapat membantu menjaga kesehatan mata.
  • Baterai: Layar merupakan salah satu komponen yang paling boros baterai pada ponsel. Mengatur brightness ke tingkat yang lebih rendah dapat membantu menghemat baterai.
  • Kenyamanan: Brightness yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat membuat layar tidak nyaman untuk dilihat. Mengatur brightness sesuai dengan preferensi pribadi dapat meningkatkan kenyamanan saat menggunakan ponsel.

 

Cara Mengatur Brightness (Kecerahan) Layar Ponsel

Anda dapat mengatur kecerahan pada nilai kecerahan tertentu secara manual maupun melakukan seting otomatis. Untuk orang awam disarankan menggunakan pengaturan otomatis.

Pengaturan brightness ponsel secara manual:

  • Buka Pengaturan
  • Cari menu Tampilan atau Layar
  • Temukan pengaturan Brightness
  • Gunakan slider untuk mengatur brightness sesuai dengan keinginan

 

Pengaturan brightness ponsel secara otomatis:

  • Buka Pengaturan
  • Cari menu Tampilan atau Layar
  • Temukan pengaturan Brightness otomatis (adaptif)
  • Aktifkan pengaturan ini
  • Ponsel akan secara otomatis mengatur brightness sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar

 

Tips Mengatur Brightness (Kecerahan) Layar Ponsel

Ada beberapa tips yang dapat membantu pengguna dalam melakukan pengaturan brightness atau kecerahan layar ponsel.

  • Gunakan brightness yang sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar: Di tempat terang, gunakan brightness yang lebih tinggi. Di tempat gelap, gunakan brightness yang lebih rendah.
  • Aktifkan pengaturan brightness otomatis: Pengaturan ini akan membantu menghemat baterai dan menjaga kesehatan mata.
  • Gunakan filter cahaya biru: Filter cahaya biru dapat membantu mengurangi kelelahan mata dan meningkatkan kualitas tidur.

 

Kesimpulan

Brightness merupakan pengaturan penting pada layar ponsel yang dapat memengaruhi kesehatan mata, baterai, dan kenyamanan saat menggunakan ponsel. Mengatur brightness sesuai dengan kondisi pencahayaan sekitar dan preferensi pribadi dapat membantu menjaga kesehatan mata, menghemat baterai, dan meningkatkan kenyamanan saat menggunakan ponsel.