Pengertian Cropping pada Foto atau Gambar Digital

Anak kucing belang lucu

Di zaman yang serba digital, semua orang terbiasa menggunakan perangkat digital dalam bekerja dan berkomunikasi. Dalam pengelolaan data digital kita terbiasa menggunakan beragam format data. Di antara format data yang paling sering kita kelola antara lain teks, gambar, audio, dan video. Format file ini juga paling sering kita temukan dalam informasi digital terutama dari internet.

Penggunaan gambar atau foto sudah sangat lumrah dalam melengkapi informasi. Di awal perkembangan komputer, orang sangat “pelit” dalam menggunakan gambar terutama foto karena jenis file ini menggunakan banyak memori data. Namun sekarang, ruang penyimpanan pada perangkat digital telah berkembang pesat secara berlipat ganda sehingga orang tidak lagi pelit dalam menggunakan foto dalam informasi digital.

Adakalanya dalam mengelola foto atau gambar kita perlu melakukan editing (perubahan). Salah satu bentuk editing yang paling umum adalah cropping. Dengan komputer, cropping dapat dilakukan menggunakan software pengolah gambar (image) seperti Microsoft Paint, Photo Editor, Photoshop, dan lain sebagainya. Namun cropping juga dapat dilakukan pada software umum (bukan pengolah gambar) seperti MS Word, MS Excel, MS Power Point, dan lain sebagainya.

Anak kucing belang lucu

 

Pengertian Cropping

Cropping adalah proses pemotongan gambar dengan cara memilih (seleksi) bagian gambar yang diinginkan, kemudian menghapus sisanya yang tidak diinginkan. Proses ini dilakukan dalam satu langkah eksekusi saja. Karena terjadi pemotongan gambar maka gambar yang diperoleh menjadi lebih kecil, sehingga ukuran file juga menjadi berkurang.

Mengapa orang melakukan cropping? Cropping dilakukan karena berbagai alasan atau keperluan. Pada umumnya orang melakukan cropping untuk tujuan membuang bagian yang tidak penting, memfokuskan gambar pada bagian tertentu, mengurangi ukuran gambar, mengubah aspek rasio, dan lain sebagainya.

Anak kucing putih oyen lucu

 

Cara Melakukan Cropping Foto/Gambar di MS Word, MS Excel, dan MS Power Point

Pada dasarnya cropping dilakukan dengan menggunakan fasilitas crop. Cropping dilakukan dengan melakukan seleksi bagian gambar yang akan di-crop lalu eksekusi. Cara melakukan cropping foto atau gambar di software MS Word, MS Excel, dan MS Power Point adalah sama karena perangkat lunak ini sama-sama dikembangkan oleh Microsoft. Berikut langkah-langkah melakukan cropping foto atau gambar di MS Word, MS Excel, dan MS Power Point

  1. Buka file berisi foto atau gambar di MS Word/MS Excel/MS Power Point
  2. Seleksi foto atau gambar yang akan di crop dengan cara mengklik foto/gambar tersebut, lalu akan muncul menu FORMAT pada bilah menu utama. (Jika foto atau gambar tidak diklik makan menu FORMAT tidak akan muncul)
  3. Klik menu FORMAT
  4. Klik icon Crop (atau klik menu drop down Crop lalu pilih Crop)
  5. Muncul tanda panduan cropping pada keempat sisi dan keempat sudut foto/gambar.
  6. Tempatkan kursor pada salah satu tanda panduan tersebut lalu seret (drag) ke arah yang sesuai untuk mengatur area seleksi.
  7. Tekan ENTER, atau klik sembarang diluar foto/gambar. Gambar akan terpotong. Selesai…

 

Cara Melakukan Cropping Foto/Gambar Menggunakan Software Photoshop

Cara melakukan cropping foto atau gambar menggunakan software Photoshop adalah sebagai berikut.

  1. Buka file foto atau gambar dengan software Photoshop
  2. Klik menu Rectangular Marquee Tool
  3. Buat kotak seleksi pada foto/gambar
  4. Klik IMAGE pada bilah menu utama, maka akan muncul beberapa pilihan aksi
  5. Pilih Crop. Gambar akan terpotong. Selesai

 

Cara Melakukan Cropping Foto/gambar pada Aplikasi di HP

Cropping foto atau gambar di HP tidak jauh berbeda dengan di komputer. Buka foto/gambar yang akan di-crop, pilih icon crop, lalu lakukan seleksi, kemudian tekan SIMPAN. Cropping selesai….