Pengertian Ground Clearance pada Mobil dan Motor

Ground clearance pada mobil dan motor

Saat memilih sebuah kendaraan pribadi, anda berkepentingan untuk mengetahui spesifikasi kendaraan yang anda minati. Jika banyaknya pilihan akan kendaraan pribadi mungkin membuat anda bingung, anda sebaiknya menentukan spesifikasi minimum untuk memudahkan anda membatasi pilihan anda. Dalam hal ini anda mungkin perlu mengetahui beberapa istilah teknis.

Memahami istilah-istilah teknis otomotif pada spesifikasi kendaraan akan membuat anda fokus fokus pada fitur tertentu yang anda prioritaskan. Anda juga akan lebih mudah untuk membandingkan fitur tersebut pada kendaraan-kendaraan yang anda minati. Pemahaman istilah teknis juga memudahkan anda saat berdiskusi dengan salesman mengenai hal-hal teknis.

Biasanya saat memilih kendaraan, anda akan membuat daftar prioritas. Ada banyak alasan personal untuk memiliki preferensi pada merk dan jenis kendaraan tertentu. Tapi pastikan salah satunya adalah spesifikasi teknis.

Salah satu dimensi dalam spesifikasi mobil atau motor adalah ground clearance. Ground clearance adalah salah satu dimensi umum kendaraan yang paling dasar tetapi sangat penting. Apa itu ground clearance? Apa pentingnya ground clearance? Berikut pembahasannya.

 

Apa Itu Ground Clearance?

Definisi ground clearance adalah jarak minimum antara ujung bawah bodi kendaraan (atau sasis) terhadap permukaan jalan. Dengan kata lain, ground clearance menunjukkan posisi ketinggian bagian paling bawah kendaraan terhadap tanah. Besaran atau angka ground clearance dinyatakan dalam mm (millimeter), yang merupakan satuan panjang sistem metrik yang sangat populer.

Ground clearance pada mobil

Umumnya, sebagian besar pabrikan menentukan dimensi ini dalam kondisi kendaraan tanpa muatan, yaitu tanpa muatan barang atau penumpang. Itu sebabnya, ketika anda memuat kendaraan dengan penumpang dan barang; ketinggian kendaraan yang tersedia selalu lebih rendah dari yang ditentukan dalam kondisi berjalan yang sebenarnya.

Jarak terendah bagian bawah kendaraan bervariasi bergantung struktur dan komponennya. Mengetahui bagian terendah pada kendaraan baik mobil atau motor dapat membantu anda mengurangi resiko benturan atau gesekan bagian kendaraan dengan permukaan jalan yang tidak rata. Pengendalian adalah faktor lain yang dapat anda lakukan dalam mengurangi resiko tersebut.

Ground clearance pada sepeda motor matik

 

Pentingnya Ground Clearance

Ini adalah dimensi yang sulit karena penanguasaan kendaraan secara langsung bergantung padanya. Semakin tinggi clearance, semakin tinggi pula posisi pusat gravitasi (center of gravity, CG) kendaraan. Dan semakin tinggi posisi pusat gravitasi berarti kendaraan lebih oleng dan lebih rawan terguling.

Kendaraan dengan jarak bebas yang lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih besar untuk terguling daripada kendaraan dengan jarak bebas yang lebih rendah. Hal ini tentu saja mempengaruhi penguasaan kendaraan. Di sisi lain, kendaraan dengan ketinggian pengendaraan yang lebih rendah menawarkan kinerja penguasaan yang nyaman karena ketinggian pusat gravitasi kendaraan yang lebih rendah.

 

Ground Clearance pada Mobil

Di jalan yang kasar dan bergelombang, mobil dengan ground clearance yang lebih tinggi selalu lebih baik. Ini karena menghindari goresan pada bagian bawah mobil. Sebagai aturan umum, tipe bodi mobil tertentu memiliki rentang ukuran standar untuk ground clearance.

Mobil suzuki xl7 alpha ground clearance 200 mm

Sedan dan mobil sport berperforma tinggi memiliki ground clearance yang sangat rendah sementara hatchback berada di urutan berikutnya. SUV berada di urutan teratas dengan menawarkan ketinggian pengendaraan tertinggi.

 

Ground Clearance pada Sepeda Motor

Tiga tipe kendaraan roda dua yang paling populer di Indonesia adalah sepeda motor tipe matik, tipe bebek, dan tipe sport. Secara umum sepeda motor jenis matik memiliki ground clearance yang paling rendah, diikuti sepeda motor jenis bebek, sedangkan jenis motor sport memiliki ground clearence tertinggi. Pengguna motor matik harus lebih hati-hati terhadap jalan yang tidak rata dan kondisi jalan yang tergenang air.

Di lingkungan perumahan biasanya banyak dibuat “polisi tidur” yang menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna kendaraan roda dua jenis matik. Hal ini tidak mengurangi minat konsumen terhadap motor matik. Keterampilan mengendarai dan pengendalian kecepatan memang menjadi faktor kunci dalam keamanan berkendara.

Honda mega pro pgm-fi ground clearance 156 mm

Di daerah dengan sarana jalan yang buruk, ground clearance lebih menjadi pertimbangan pelanggan dalam memilih sepeda motor pribadi. Cara paling umum untuk meningkatkan ketinggian kendaraan adalah dengan memodifikasi suspensi. Banyak agen aftermarket dan gerai aksesoris mengikuti praktik ini.