Pengertian Linimasa (Timeline)

Linimasa timeline

Linimasa atau timeline adalah salah satu cara menyampaikan informasi atau data melalui infografik. Anda mungkin sering mendengar istilah linimasa dalam suatu presentasi atau menemukan istilah linimasa dalam naskah dokumen. Linimasa sering ditampilkan dalam profil perusahaan, biografi, dekripsi produk, dan lain sebagainya.

Linimasa adalah salah satu cara mempresentasikan suatu urutan peristiwa penting yang berkaitan dengan sejarah orang, benda, situs, organisasi, dsb. Linimasa mempermudah audiens untuk menghubungkan peristiwa-peristiwa tersebut secara sederhana dan runtut. Linimasa adalah satu bentuk pemaparan peristiwa dengan ringkas dan menarik.

Seringkali sejarah yang panjang dapat ditampilkan dalam bentuk infografis linimasa yang singkat dan informatif. Apa itu linimasa atau timeline? Berikut pembahasannya.

 

Arti Linimasa (Timeline)

Apa itu linimasa atau timeline? Linimasa atau timeline adalah penyajian urutan kronologis peristiwa penting berdasarkan waktu dalam bentuk diagram garis waktu. Secara tradisional linimasa berupa garis lurus dengan beberapa titik penanda peristiwa-peristiwa penting. Namun desain kontemporer linimasa tidak lagi harus berupa satu garis lurus. Informasi yang disediakan linimasa berupa tanggal atau tahun kalender dan catatan singkat peristiwa penting yang terjadi. Horizontal social media timeline from 2002 to 2010

Urutan waktu bergantung pada orientasi diagram garisnya, apakah horizontal atau vertikal. Urutan waktu dimulai dari kiri untuk diagram garis horizontal atau urutan waktu dimulai dari atas untuk diagram garis vertikal. Untuk masing-masing masing peristiwa dapat ditambahkan gambar atau ilustrasi yang sesuai.

Linimasa adalah representasi visual runtutan peristiwa yang berkaitan suatu topik. Linimasa merupakan ringkasan sejarah dalam bentuk yang mudah dirunut dan dipelajari. Oleh karena itu lini masa seringkali ditampilkan dalam halaman bahan ajar atau bahan presentasi. Perunutan peristiwa pada linimasa mirip dengan perunutan pada diagram kotak (block diagram) atau diagram alir (flowchart).

 

Kelebihan Penyajian Informasi dengan Linimasa

Membuat sebuah linimasa mungkin membutuhkan sedikit kreativitas. Namun penyajian dengan linimasa semakin populer karena dianggap memiliki beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan penyajian informasi dengan linimasa.

Penyajian informasi dan data dengan linimasa ringkas dan sederhana. Ada banyak informasi yang bisa disajikan dalam satu halaman tampilan. Hal ini menghemat halaman dan waktu penyajian jika disampaikan secara verbal.

Linimasa memaparkan fakta yang informatif. Meskipun hanya berupa ringkasan, pemirsa dapat dengan mudah merunut sejarah perkembangan suatu proses. Pemirsa juga dapat langsung menyimpulkan seberapa rentang waktu yang diperlukan bagi suatu proses untuk berkembang.

Kelebihan lain dari linimasa adalah tampilan yang menarik sehingga tidak membosankan. Anda bisa menambahkan foto atau gambar ilustrasi yang dapat membuat linimasa menjadi lebih menarik dan informatif. Jika ditampilkan sebagai bahan tayang elektronik, anda bisa membuat tautan (link) yang menuju pada laman informasi lebih lanjut.

Contoh template linimasa timeline

 

Cara Membuat Linimasa

Tahapan untuk membuat linimasa antara lain sebagai berikut.

  1. Tentukan topik berkaitan dengan linimasa yang akan dibuat
  2. Kumpulkan informasi berkaitan dengan peristiwa-peristiwa penting berkaitan dengan topik tersebut beserta tanggal atau tahun terjadinya.
  3. Buat narasi singkat untuk setiap peristiwa penting tersebut
  4. Siapkan desain linimasa yang bagus dan menarik. (Tips: ada bisa menggunakan sumberdaya yang tersedia pada software atau mencari template linimasa melalui internet)
  5. Buat linimasa menggunakan jenis dan ukuran font (huruf) yang mudah dan enak dibaca.
  6. Tambahkan foto, gambar, atau ilustrasi yang sesuai dan menarik.