Pengertian Portrait dan Landscape pada Orientasi Foto atau Gambar

Orientasi portait landscape

Foto atau gambar adalah dokumentasi penting. Dahulu dokumentasi foto atau gambar dilakukan dengan mencetak gambar tersebut pada kertas atau media sejenis. Foto dan gambar yang penting disimpan di figura atau dalam album. Hal ini untuk menjaga foto atau gambar tersebut agar selalu dalam keadaan terawat.

Di era digital, foto dismpan dalam bentuk file digital dan lebih sering ditampilkan pada layar digital terutama smartphone dan komputer. Salah satu kelebihan gambar digital adalah lebih mudah dikelola secara digital (diedit, disalin, diubah format, dsb). Dalam penggunaan gambar digital kita sering mendengar orientasi portraid dan landscape.

Pada saat anda diminta untuk membuat gambar atau foto, kadang anda diminta untuk membuatnya dalam format portrait atau landscape. Apa yang dimaksud orientasi atau format portrait dan landscape? Berikut penjelasannya.

 

Portrait

Berdasarkan arti katanya, portrait memiliki dua pengertian. Pengertian pertama yaitu gambar atau patung wajah seseorang yang hanya menampilkan wajah/kepala dan bahu. Atau dengan kata lain portrait adalah patung atau gambar seseorang yang menampilkan bagian tubuh dari dada sampai ke atas kepala. Pengertian kedua, portrait adalah gambar pada media yang ukuran tingginya lebih panjang dari lebarnya.

Kita mungkin kurang terbiasa dengan istilah portrait. Untuk lebih mudahnya orientasi portrait atau format portrait adalah ortientasi/format gambar tegak atau vertikal. Pas foto adalah contoh gambar dengan orientasi portrait. Kata portrait telah diadopsi ke bahas indonesia sebagai “potret”.

Potret Mona Lisa

 

Landscape

Berdasarkan arti katanya, landscape memiliki dua pengertian. Pengertian pertama adalah hamparan tanah luas di daerah pedesaan khususnya pemandangan yang indah. Pengertian kedua dari kata landscape adalah gambar pada media yang ukuran lebarnya lebih panjang dari tingginya.

Kita mungkin kurang terbiasa dengan istilah landscape. Untuk lebih mudahnya orientasi landscape atau format landscape adalah ortientasi/format gambar melebar atau horizontal. Tampilan layar TV dan laptop adalah adalah contoh gambar dengan orientasi landscape. Kata landscape telah diadopsi ke bahasa indonesia sebagai “lansekap”.

Lansekap Gunung Bromo

 

Mana yang Lebih Baik, Gambar Portrait atau Landscape?

Pada dasarnya gambar potrait dan gambar landscape punya kelebihan masing-masing. Jika untuk keperluan pribadi, hal ini semata-mata preferensi (kesukaan) masing-masing orang. Namun untuk keperluan tertentu, kadang disyaratkan bahwa orientasinya harus portrait atau landscape.