Pengertian Resolusi Gambar (Image Resolution)

 

Gambar resolusi rendah

Tidak ada yang menyangkal bahwa saat ini disebut sebagai era digital. Orang tidak bisa lagi abai terhadap kenyataan ini. Secara umum, pengguna komputer bisa jadi merupakan kelompok yang paling fasih mengelola data digital.

Sebagian orang bahkan tidak menyadari bahwa ia sudah terbiasa berurusan dengan data digital. Salah satu data digital yang paling umum digunakan adalah file foto atau gambar. Saat seseorang memotret makanan dengan ponsel dan mengirimkan foto tersebut ke media sosial, tanpa disadari ia telah membuat, menyimpan, mengkompres, dan mengunggah sebuah file digital ke internet.

Saat anda diminta untuk mengunggah (upload) dokumen gambar ke sebuah situs, anda mungkin dipersyaratkan memiliki gambar dengan rentang resolusi tertentu. Hal ini bukan tanpa alasan. Gambar dengan resolusi terlalu rendah kualitasnya kurang bagus, sedangkan gambar dengan resolusi terlalu tinggi memakan banyak ruang penyimpanan (memory).

Platform medsos menyediakan kemudahan kepada pengguna dalam mengelola file gambar untuk dibagi (share). Aplikasi medsos memiliki kebijakan mengurangi ukuran gambar saat dibagi demi menghemat sumberdaya penyimpanan dan lalu lintas data. Jika ukuran file foto anda terlalu besar, otomatis akan dikompres dulu sebelum dibagi. Jadi versi foto yang diupload pengguna adalah versi yang sudah dikompres menjadi gambar dengan ukuran lebih kecil.

 

Apa Itu Resolusi Gambar?

Image resolution atau resolusi gambar adalah ukuran ketajaman detil sebuah gambar digital yang dinyatakan dalam besaran lebar x tinggi dalam pixel.

Semakin besar resolusi gambar maka semakin tajam dan detil gambar tersebut. Dari sisi estetika tentu saja hal ini menguntungkan, namun tidak dari sisi pengelolaan data khususunya penyimpanan dan transfer data. Hal inilah yang membuat resolusi gambar menjadi hal yang perlu dijadikan pertimbangan dalam mengelola gambar digital.

 

 

Apa Itu Pixel?

Pixel adalah singkatan dari picture element. Pixel adalah satuan terkecil dari luasan gambar yang dapat ditampilkan oleh layar digital. Tidak ada luasan gambar yang dapat dilihat jika lebih kecil dari 1 pixel. Jika ada luasan gambar berukuran 10 pixel x 10 pixel maka dikatakan ukuran resolusi gambar tersebut 10 x 10.

Huruf A dengan resolusi 10x10

Ukuran resolusi gambar digital dinyatakan dalam format W x H (wide x height) atau “lebar x tinggi”. Sisi lebar dan tinggi gambar bersesuaian dengan sisi horizontal dan vertikal sebuah bidang segiempat. Ukuran ini juga dapat menunjukkan orientasi apakah gambar tersebut portrait atau landscape.  Dalam hal ini gambar dengan resolusi 3000×4000 berorientasi portrait, sedangkan gambar dengan resolusi 4000×3000 memiliki orientasi lanscape.

 

Apa Itu Megapixel (MP)?

Resolusi gambar dinyatakan sebagai besaran pixel dari lebar x tinggi bidang gambar yang berbentuk segiempat. Jadi, resolusi gambar 6000 x 4000 memberi tahu kita bahwa gambar berukuran lebar 6000 piksel dan tinggi 4000 piksel. Penulisan 6000 x 4000 menunjukkan orientasi gambar adalah landscape. Kita dapat menyatakan ukuran gambar tersebut dalam bentuk hasil kali lebar dengan tinggi segiempat, yaitu sebagai megapiksel (MP). Hasil kali 6000 x 4000 sama dengan 24.000.000, yang lebih umum ditulis sebagai 24 megapiksel (MP).

Gambar 24 MP

 

Ukuran Resolusi Gambar dan Kualitas Ketajaman

Semakin besar resolusi gambar maka akan semakin tajam detil gambar tersebut. Sebagai gambaran perhatikan gambar huruf A dengan ukuran resolusi gambar yang berbeda-beda di bawah ini. Gambar dengan resolusi lebih tinggi akan lebih detil dan lebih halus.

Huruf A dengan resolusi gambar yang berbeda

 

Ukuran Resolusi Gambar dan Ukuran File

Semakin besar resolusi gambar maka akan semakin besar ukuran file gambar tersebut. Pada akhirnya, meskipun pada dasarnya pengguna menyukai kualitas gambar yang baik namun pengelolaan file gambar harus mempertimbangkan ukuran filenya. Dalam hal ini perlu diambil kompromi antara resolusi dengan ukuran file.

Ukuran file gambar dengan resolusi yang berbeda