Pengertian Resolusi HD (720p) pada Layar Digital

Layar monitor

Membicarakan teknologi gadget tidak bisa terlepas dari pembicaraan tentang resolusi layar digital. Layar gadget multimedia seperti ponsel, tablet, laptop, monitor komputer pribadi (PC), dan TV pintar telah dikembangkan dengan sangat pesat. Hal ini untuk memuaskan kenyamanan pengguna.

Salah satu fungsi gadget modern digunakan untuk berinteraksi melalui media sosial online. Dengan aplikasi ini pengguna tidak hanya berbagi cerita tetapi juga foto, musik, animasi, dan video. Untuk keperluan ini, desain perangkat tidak hanya difokuskan dalam meningkatkan kemampuan dalam membuat foto dan video tetapi juga kemampuan layar yang menampilkannya.

Ukuran standar ketajaman gambar digital dinyatakan dalam besaran yang disebut resolusi. Oleh karena itu ukuran layar digital mengakomodasi kepentingan ini dengan menggunakan besaran yang sama yaitu besaran resolusi. Salah satu resolusi layar digital dasar yang sudah mulai ditinggalkan namun masih sering digunakan sebagai referensi adalah resolusi HD atau resolusi 720p.

Layar tablet

 

Resolusi Layar Digital

Resolusi layar digital dinyatakan dalam format W x H (width x height) atau lebar x tinggi. Lebar dan tinggi layar diwakili jumlah pixel dalam arah horizontal dan vertikal. Resolusi layar menyatakan banyaknya pixel yang ditampilkan di layar. Resolusi dalam format W x H juga menunjukkan rasio aspek layar. Pixel adalah satuan terkecil dari elemen gambar yang dapat diprogram. Semakin besar angka pixel layar maka semakin banyak elemen gambar yang dapat ditampilkan pada layar digital, sehingga gambar menjadi terlihat lebih detil.

Teknologi digital terkini sangat mengandalkan tampilan pada layar digital. Pada berberapa gadget, layar digital selain sebagai penampil juga sebagai antar muka pengoperasian dengan fitur layar sentuh (touch screen). Tidak mengherankan jika inovasi peningkatan resolusi telah menjadi salah satu konsen utama produsen gadget.

 

Tv layar hd

 

Resolusi HD (Resolusi 720p)

HD adalah sigkatan dari high definition. Layar HD memilik resolusi 1280 x 720 pixel. Resolusi ini sering disebut juga resolusi 720p. Kode “p” adalah singkatan dari “progressive scan” atau pemindaian progresif, yang berarti setiap baris pixel digambar secara berurutan. Resolusi ini mengacu pada rasio aspek 16:9.

Meskipun pada masanya, resolusi HD adalah standar untuk laptop, tablet dan ponsel, namun saat ini resolusi HD sudah mulai ditingglkan. Meskipun demikian resolusi HD masih digunakan sebagai patokan dasar resolusi layar digital. Resolusi ini sedikit lebih baik dari resolusi definisi standar (SD, standard definition) yang berukuran 640 x 480 pixel (lihat tabel).

Tabel resolusi layar digital

 

Resolusi Layar Digital Terkini

Berikut daftar resolusi layar digital yang ada saat ini dalam format ukuran lebar x tinggi dalam pixel.

  • Resolusi SD (Standard Resolution) atau Resolusi 480p; berukuran 640 x 480 pixel
  • Resolusi HD (High Definition) atau Resolusi 720p; berukuran 1280 x 720 pixel.
  • Resolusi Full HD (FHD) atau Resolusi 1080p: berukuran 1920 x 1080 pixel
  • Resolusi WUXGA (Widescreen Ultra-Extended Graphics Array); berukuran 1920 x 1200 pixel.
  • Resolusi 2K; berukuran 2560 x 1440 pixel untuk tipikal layar monitor, dan berukuran 2048 x 1080 pixel untuk layar official cinema.
  • Resolusi Quad HD (QHD) atau Resolusi 1440p; berukuran 2560 x 1440 pixel
  • Resolusi Ultra HD (UHD); berukuran 3840 x 2160 pixel
  • Resolusi 4K; berukuran 3840 x 2160 pixel untuk tipikal layar monitor, dan berukuran 4096 x 2160 untuk layar official cinema
  • Resolusi 5K; berukuran 5120 x 2880 pixel
  • Resolusi 8K; berukuran 7680 x 4320 pixel