Pengertian Tabel Data dan Cara Membacanya

Tabel data

Kita tidak asing lagi dengan istilah tabel. Banyak sekali informasi yang tersedia saat ini mengandung tabel. Dalam keseharian kita, kita hampir setiap saat membaca tabel, contohnya saat kita melihat kalender, jadwal, menu, daftar harga barang, dan lain sebagainya.

Tabel membantu kita dalam membaca data yang banyak dan terkadang kompleks. Kenyataanya seringkali saat kita membaca tabel, kita hanya memerlukan satu data saja. Padahal data yang tersedia demikian banyak.

Sebagai contoh anda mendapat jadwal tugas piket setiap hari Senin. Anda akan mengecek tanggalnya dengan melihat kalender. Anda dapat  langsung menandai tanggal berapa saja jadwal piket anda di kalender tersebut.

Contoh lainnya, anda ingin mengetahui peringatan hari kemerdekaan RI tahun ini jatuh pada hari apa. Anda mengetahui bahwa peringatan hari kemerdekaan RI jatuh pada tanggal 17 Agustus.  Meskipun satu tahun berjumlah 365 hari, namun anda akan langsung fokus membaca tabel pada bulan Agustus dan mencari angka 17 untuk mencocokkan harinya.

 

Definisi Tabel

Tabel adalah susunan data dalam bentuk baris dan kolom berdasarkan kategori tertentu. Contoh tabel adalah penanggalan pada kalender. Pada kalender, data berupa angka-angka tanggal kalender disusun dalam baris dan kolom berdasarkan nama hari dan pekan atau sebaliknya.

 

Data dan tabel data

 

Manfaat Penyusunan Data dalam Bentuk Tabel

Tabulasi data adalah penyusunan data dalam bentuk tabel. Ada beberapa manfaat menyusun data dalam bentuk tabel. Data dalam bentuk tabel lebih ringkas. Pembacaan data yang tersusun rapi memudahkan pencarian data bedasarkan kategori. Data dalam tabel dikelompokkan berdasarkan kategori tertentu sehingga mengurangi kemungkinan kesalahan baca data. Dari sisi pengolahan data, tabel memudahkan anda untuk melakukan perhitungan matematis berdasarkan kategori data, misalnya menentukan nilai rata-rata (mean). Saat ini tersedia perangkat lunak pengolahan data (spreadsheet) misalnya Microsoft Excel mempermudah pengolahan data dalam bentuk tabel.

 

Baris dan kolom pada tabel data

 

Baris dan Kolom pada Tabel

Tabel terdiri dari baris dan kolom. Baris adalah susunan data dari kiri ke kanan. Kolom adalah susunan data dari atas ke bawah. Perhatikan gambar tabel di bawah ini. Pada tabel tersebut terdapat 6 baris dan 4 kolom.

 

Cara membaca tabel data

 

Cara Membaca Tabel

Cara membaca tabel adalah dengan mengurutkan nomor baris dan nomor kolom. Identifikasi datanya disebutkan sebagai data (nomor baris , nomor kolom) misalnya data (5,3) artinya data baris nomor 5 dan kolom nomor 3. Tentu saja dalam pembacaan tabel secara langsung, pengguna bisa saja mengurutkan nomor kolom dahulu lalu mengurutkan nomor barisnya.