Pengertian Waktu Sahar dan Waktu Imsak berkaitan dengan Puasa Ramadhan

Pengertian waktu sahar dan waktu Imsak

Salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh muslimin dan muslimat adalah ibadah puasa Ramadhan. Secara terminologi puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala yang membatalkan puasa sejak fajar (terbitnya matahari) sampai terbenam matahari menurut aturan tertentu. Waktu fajar ditandai dengan adzan subuh dan waktu waktu terbenamnya matahari ditandai dengan adzan maghrib.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Di bulan ini, umat Islam dijanjikan pahala yang berlipat ganda dari setiap amal ibadahnya. Nabi SAW telah memberikan tauladan terbaik bagaimana semestinya umat Islam meningkatkan ibadah di bulan suci Ramadhan.
Berkaitan dengan aktivitas puasa dan aktivitas ibadah lainnya di bulan suci Ramadhan, manajemen waktu ibadah menjadi hal yang seharusnya menjadi perhatian bagi muslimin dan muslimat yang ingin mengoptimalkan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Di kalangan umat Islam Indonesia khususnya ada dua terminologi berkaitan dengan waktu penting di bulan Ramadhan yaitu waktu sahar dan waktu imsak.

 

Waktu Sahar

Waktu sahar adalah waktu akhir malam di mana seseorang yang berpuasa diajurkan untuk makan sahur, sebelum masuk waktu subuh. Tidak ada definisi yang eksak berapa lamanya waktu sahar atau berapa menit sebelum waktu subuh.

Image masjid di malam hari

Dijelaskan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, dari Zaid bin Tsabit ra. ia berkata: Kami pernah makan sahur bersama Nabi SAW kemudian beliau berdiri shalat. Lalu aku bertanya, “Berapa lama jarak antara Adzan dan Sahur?” Beliau menjawab, “Sekadar membaca 50 ayat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Makan sahur adalah sunnah Nabi SAW. Saat terbaik dan dicontohkan oleh Rasulullah untuk makan sahur adalah menjelang waktu subuh. Hal ini akan meminimalisir waktu puasa bagi tubuh kita.

Diluar konteks puasa, waktu sahar adalah waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa dan beristighfar. Hal itu sesuai dengan hadits Rasulullah SAW “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

 

Waktu Imsak

Waktu imsak adalah waktu yang ditetapkan untuk menghentikan makan, minum, dan aktivitas lainnya yang membatalkan puasa sebelum memasuki waktu subuh. Secara harfiah, imsak berarti menahan diri. Tradisi Islam menyarankan agar orang-orang yang berpuasa berhenti makan dan minum beberapa saat sebelum waktu subuh agar mereka bisa memastikan mereka berhenti sebelum waktu subuh benar-benar dimulai.

Siluet masjid di waktu malam

Sebagian ulama di Indonesia sepakat bahwa waktu imsak adalah 10 menit sebelum waktu subuh. Namun, ini bukan merupakan kewajiban agama, dan puasa masih dihitung sah jika seseorang berhenti makan dan minum tepat pada waktu subuh. Hal ini seringkali menjadi kontroversi mengenai apakah pemerintah perlu menetapkan waktu imsak.

Sebagian ulama yang menganggap waktu imsak memiliki beberapa manfaat.

  • Sebagai sikap hati-hati untuk memastikan bahwa seseorang sudah tidak makan atau minum saat azan subuh berkumandang.
  • Waktu untuk persiapan sholat subuh berjamaah di masjid bagi muslimin.
  • Memaksimalkan waktu ibadah sebelum subuh dengan berbagai ibadah seperti membaca Al-Qur’an, membaca sholawat, berdzikir, dsb.

 

Kesimpulan

Waktu sahar adalah waktu yang dianjurkan untuk makan sahur bagi muslimin/muslimat yang akan berpuasa hari itu. Waktu sahar adalah waktu di akhir malam menjelang waktu subuh. Waktu imsak adalah waktu yang digunakan sebagai peringatan bahwa waktu subuh tinggal 10 menit lagi agar muslimin/muslimat yang akan berpuasa hari itu tidak lagi makan dan minum tepat saat waktu subuh. Jelas bahwa waktu imsak berada dalam rentang waktu sahar, sehingga tidak ada keraguan bahwa anda bisa makan dan minum di waktu imsak sebelum adzan subuh berkumandang.