Perbedaan Baris dan Kolom pada Tabel atau Matriks Data

Tabel baris dan kolom

Kita seringkali membaca atau membuat tabel atau matriks. Dalam setiap tabel atau matriks data terdapat baris dan kolom. Dengan memahami perbedaan baris dan kolom pada tabel akan membantu kita membaca atau membuat tabel atau matriks. Setiap data dalam tabel atau matriks menempati sel dengan nama yang bersesuaian dengan nomor baris dan kolomnya.

 

Manfaat Menggunakan Tabel

Ada beberapa manfaat menggunakan tabel dalam menampilkan data. Sebuah tabel dapat menampilkan data secara ringkas, banyak data dapat ditampilkan tanpa harus memasukkan satuan untuk masing-masing data. Data dalam tabel juga lebih mudah dibandingkan satu sama lain, karena kita bisa memperhatikan beberapa data sekaligus. Data dalam tabel juga lebih mudah diolah. Data digital dapat dengan mudah diolah menggunakan aplikasi atau software tertentu.

 

Pengertian Baris

Satu baris adalah susunan data berurutan dari kiri ke kanan. Kita dapat memahami dengan mudah konsep baris ini pada tulisan. Misalnya dalam suatu paragraf terdapat lima baris kalimat. Sebenarnya dalam paragraf tersebut bukan hanya ada baris tetapi juga ada kolom. Karena kolomnya hanya satu maka kita tidak memperhatikan kolom tersebut. Penomoran baris selalu dari atas ke bawah, artinya baris ke-1 adalah baris paling atas.

 

Pengertian Kolom

Secara harfiah kolom dapat diartikan sebagai pilar (tiang besar). Satu kolom adalah susunan data berurutan dari atas ke bawah. Penomoran kolom selalu dimulai dari kiri ke kanan, artinya kolom ke-1 adalah kolom paling kiri. Untuk memudahkan mengingat pengertian kolom, anggaplah tiap urutan data dari atas ke bawah merupakan pilar-pilar.

Tabel 6 baris dan 4 kolom

 

Membaca Tabel atau Matriks

Perhatikan contoh tabel daftar nilai tes pelajaran IPA di bawah ini. Tabel tersebut terdiri dari 6 baris dan 4 kolom. Baris pertama berisi judul masing-masing kolom. Kolom ke-1 berisi data nama siswa, kolom ke-2 berisi data nilai tes pelajaran fisika, kolom ke-3 berisi data nilai tes pelajaran kimia, dan data pada kolom ke-4 berisi nilai tes pelajaran biologi. Untuk menemukan data dalam tabel kita menentukan nomor baris dan nomor kolom bersesuaian dengan informasi data tersebut. Untuk menemukan data nilai tes pelajaran biologi Ahmad pada tabel tersebut, kita lihat baris ke-2 untuk nama Ahmad dan kolom ke-4 untuk nilai tes pelajaran biologi. Data pada baris ke-2 dan kolomke-4 adalah 76. Jadi nilai tes pelajaran biologi Ahmad adalah 76.

Contoh tabel

Dari tabel tersebut dapat diapahami bahwa

  • Tabel terdiri dari 6 baris dan 4 kolom
  • Kolom ke-1 berisi nama siswa
  • Kolom ke-2 berisi nilai tes pelajaran fisika
  • Kolom ke-3 berisi nilai tes pelajaran kimia
  • Kolom ke-4 berisi nilai tes pelajaran biologi
  • Baris ke-1 berisi keterangan judul masing-masing kolom
  • Baris ke-2 berisi nama Ahmad dan nilai tesnya untuk fisika, kimia, dan biologi
  • Baris ke-3 berisi nama Bahrul dan nilai tesnya untuk fisika, kimia, dan biologi
  • Baris ke-4 berisi nama Chairil dan nilai tesnya untuk fisika, kimia, dan biologi
  • Nilai tes pelajaran fisika Ahmad terdapat pada baris ke-2 kolom ke-2 yaitu 88
  • Nilai tes pelajaran biologi Bahrul terdapat pada baris ke-3 kolom ke-4 yaitu 78
  • Nilai tes pelajaran kimia Elfarisi terdapat pada baris ke-6 kolom ke-3 yaitu 80data

Tinggalkan komentar