Perbedaan SIM Card Ukuran Mini, Micro, dan Nano pada HP

Kartu SIM Telkomsel

HP (handphone) atau smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Tidak heran jika banyak orang yang kemana-mana selalu membawa HP. Apalagi HP tidak lagi berfungsi sekedar alat komunikasi telepon tetapi sudah menjadi gadget serbaguna. Smartphone pada dasarnya sama dengan komputer yang dapat diinstal berbagai program yang yang dapat digunakan untuk beragam keperluan.

HP telah menjadi perangkat pribadi yang serbanguna. Perangkat ini tidak lagi hanya untuk menelepon atau mengirim pesan teks. Fitur koneksi internet di HP memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal secara online. Mulai dari mengerjakan tugas, membuka email, membeli barang, mengontrol bisnis, bahkan melakukan transaksi perbankan.

Saat membeli sebuah HP ada dua kelengkapan yang juga harus anda sediakan  yaitu SIM card (kartu SIM) dan external memory card (kartu memori eksternal). SIM card (subscriber identity module) diperlukan sebagai kartu identitas nomor telepon. External memory card atau yang biasa disingkat memory card adalah tempat menyimpan data dalam berbagai format seperti teks, gambar, audio dan video. Kartu eksternal juga dapat menyimpan program yang dapat dijalankan pada HP.

Bagi anda yang sudah relatif lama menggunakan HP, anda mungkin pernah mengalami evolusi ukuran SIM card tersebut. SIM card yang digunakan pada HP cenderung semakin kecil dan tipis ukurannya. Hal ini bisa dipahami bahwa teknologi HP yang berkembang pesat menuntut fitur fisik yang semakin compact.

Ukuran SIM card HP

Ada beberapa ukuran SIM card HP yang pernah ada. Berikut ini beberapa ukuran SIM card HP.

  • SIM card ukuran full size yaitu SIM card yang berukuran 85,6 mm x 53,98 mm (tebal 0,76 mm). SIM card ukuran ini dikenalkan tahun 1991.
  • SIM card ukuran mini yaitu SIM card yang berukuran 25 mm x 15 mm (tebal 0,76 mm). SIM card ukuran mini dikenalkan tahun 1996.
  • SIM card ukuran micro yaitu SIM card yang berukuran 15 mm x 12 mm (tebal 0,76 mm). SIM card ukuran micro dikenalkan tahun 2003.
  • SIM card ukuran nano yaitu SIM card yang berukuran 12,3 mm x 8,8 mm (tebal 0,67 mm). Kartu ukuran nano dikenalkan tahun 2012.

Tabel ukuran SIM card HP

Seperti halnya komputer, HP atau smartphone berkembang dengan sangat cepat. Bisa saja dalam beberapa saat kemudian terjadi perubahan ukuran SIM card berikutnya. Bagi anda yang membeli HP baru dengan slot SIM card yang lebih kecil dari SIM card yang anda miliki, anda bisa memotongnya dengan alat potong khusus atau memperbarui fisik kartu anda ke gerai provider tanpa mengubah nomor HP anda.