Perbedaan Ukuran Kertas A3 dan A4

Kertas hvs sidu ukuran a3 70 gsm dan a4 80 gsm

Ukuran kertas untuk pencetakan memiliki beberapa standar. Salah satu standar ukuran kertas yang paling paling populer dan paling banyak digunakan di Indonesia adalah standar ukuran kertas seri A. Dari sini kita mengenal kertas ukuran A1, A2, A3, dan lain sebagainya.

Pada umumnya orang terbiasa untuk menggunakan kertas untuk keperluan pencetakan dengan ukuran tertentu sesuai dengan kebutuhan profesi atau pekerjaan. Meskipun tidak hapal dengan persis berapa ukuran kertas yang biasa digunakan, setidaknya mereka tidak akan salah saat memilih ukuran kertas yang diperlukan. Pada dasarnya anda tidak perlu hapal ukuran kertas namun cukup mengingat serinya misalkan kertas A4 untuk dokumen cetak.

Orang yang bekerja di bidang tertentu seperti percetakan, gambar teknik, seniman visual, dan lain-lain umumnya mengenal dengan baik beragam ukuran kertas seri A. Hal ini karena tuntutan pekerjaan membuat mereka terbiasa menggunakan kertas dengan ukuran yang berbeda-beda. Tidak jarang mereka memotong sendiri kertas untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan standar yang diinginkan.

Di antara ukuran kertas seri A yang banyak digunakan adalah kertas A3 dan kertas A4. Apa perbedaaan kedua ukuran kertas ini? Berikut pembahasannya.

 

Ukuran Kertas A3

Kertas A3 berukuran lebar x tinggi = 297 mm x 420 mm (29,7 cm x 42 cm). Dalam satuan inch, kertas A3 berukuran lebar x tinggi = 11,69 inch x 16,54 inch.

Ukuran kertas A3

Kertas A3 banyak digunakan dalam berbagai keperluan dokumen dan pencetakan. Beberapa kegunaan dari kertas ukuran A3 antara lain sebagai berikut.

  • Cetakan foto
  • Poster
  • Sertifikat
  • Piagam
  • Gambar Teknik
  • Formulir
  • dsb

 

Ukuran Kertas A4

Kertas A4 berukuran lebar x tinggi = 210 mm x 297 mm (21 cm x 29,7 cm). Dalam satuan inch, kertas A4 berukuran lebar x tinggi = 8,27 inch x 11,69 inch.

Ukuran kertas A4

Kertas A4 paling banyak digunakan dalam pencetakan naskah dokumen formal. Untuk pencetakan dokumen formal biasanya digunakan kertas A4 dengan jenis HVS gramatur 70 sampai 100 gsm. Selain itu kertas A4 juga populer sebagai bahan pencetakan untuk berbagai keperluan. Beberapa kegunaan dari kertas ukuran A4 antara lain sebagai berikut.

  • Laporan
  • Proposal
  • Skripsi/thesis
  • Sertifikat
  • Cetakan Foto
  • Formulir
  • dsb

 

Perbedaan Kertas A3 dan Kertas A4

Perbandingan ukuran kertas A3 dengan A4 adalah dua kalinya, artinya ukuran kertas A3 sama dengan dua kali ukuran kertas A4. Lebar kertas A3 sama dengan tinggi kertas A4. Jika kertas A3 dipotong menjadi dua berdasarkan garis simetri lipat sejajar sisi lebarnya, maka didapatkan dua kertas A4. Berikut perbandingan ukuran kertas A3 dan kertas A4.

Perbandingan ukuran kertas A3 dan A4

 

Daftar Ukuran Kertas Seri A

Ukuran standar kertas dinyatakan dalam format W x H (width x hight) atau lebar x tinggi. Ukuran kertas dinyatakan dalam satuan millimeter, centimeter, atau inch. Konversi satuan inch adalah: 1 inch = 25,4 mm = 2,54 cm. Berikut tabel ukuran standar kertas seri A.

Tabel ukuran kertas seri A

Ukuran kertas seri A dibuat memiliki rasio aspek (aspect ratio) sebesar √2, artinya tinggi kertas sama dengan lebar kertas dikali √2. Oleh karena itu ukuran kertas A1 sama dengan dua kali ukuran kertas A0, dan seterusnya. Lebar kertas A0 sama dengan tinggi kertas A1. Jika kertas A0 dipotong menjadi dua berdasarkan garis simetri lipat sejajar sisi lebarnya, maka didapatkan dua kertas A1 dengan rasio aspek yang sama yaitu √2. Dengan demikian ukuran kertas A0 sampai dengan kertas A10 memiliki hubungan berdasarkan kesebandingan lebar dan tinggi.