Perbedaan Ukuran Kertas A4 dan F4 (Folio)

Perbedaan ukuran kertas A4 dan F4

Ada beberapa ukuran standar kertas yang berlaku secara global. Ukuran kertas menggunakan kode tertentu. Dengan menggunakan kode ukuran kertas ini, anda tidak perlu menghapalkan ukuran lebar dan tinggi kertas.

Ukuran kertas dinyatakan dalam format W x H (width x hight) atau lebar x tinggi. Format ini mewakili ukuran kertas dalam orientasi portrait (tegak) yang merupakan posisi standar untuk penulisan teks pada naskah formal. Ukuran kertas umumnya dinyatakan dalam satuan millimeter dan inch.

Jika anda menulis naskah pada komputer/laptop menggunakan perangkat lunak misalnya Microsoft Word, anda bisa memilih berbagai ukuran kertas yang tersedia untuk pencetakan. Di antara berbagai ukuran kertas yang biasa digunakan dalam naskah formal adalah ukuran kertas A4 dan ukuran kertas F4. Apa bedanya ukuran kertas A4 dan F4? Berikut penjelasannya.

 

Ukuran Kertas A4

Ukuran lebar dan tinggi kertas A4 adalah 210 mm x 297 mm atau 21 cm x 29,7 cm. Dalam satuan inch, ukuran lebar dan tinggi kertas A4 adalah 8,27 inch x 11,69 inch. Ukuran kertas A4 adalah salah satu ukuran kertas dalam standar ukuran kertas seri A.

Ukuran kertas A4

Kertas A4 paling banyak digunakan sebagai kertas dokumen. Umumnya kertas A4 yang digunakan sebagai kertas dokumen adalah dari jenis HVS dengan gramatur 70 gsm sampai 100 gsm. Beberapa kegunaan kertas A4 sebagai kertas pencetakan dokumen misalnya pada laporan, proposal, skripsi/thesis, formulir, sertifikat, dan lain sebagainya.

 

Ukuran Kertas F4 Versi Indonesia (Kertas Folio)

Ukuran lebar dan tinggi kertas F4 versi Indonesia atau ukuran kertas folio adalah 215 mm x 330 mm atau 21,5 cm x 33 cm. Dalam satuan inch, ukuran lebar dan tinggi kertas A4 adalah 8,5 inch x 13 inch.

Ukuran kertas F4

Perlu diketahui bahwa ukuran kertas F4 versi Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya berbeda dengan ukuran kertas F4 dari kertas seri F. Ukuran kertas F4 menurut tabel ukuran kertas seri F adalah 210 mm x 330 mm (8,27 inch x 13 inch). Kertas F4 ini memiliki dimensi lebar yang sama persis dengan lebar kertas A4.

Kertas F4 (215 mm x 330 mm) sangat populer di Indonesia. Kertas HVS ukuran F4 banyak digunakan dalam pencetakan dokumen formal. Kertas F4 seringkali digunakan untuk pencetakan dokumen dengan kop surat, karena ukurannya yang lebih tinggi daripada kertas A4. Kertas F4 juga seringkali digunakan untuk cetakan lembar formulir dengan alasan yang sama. Beberapa kegunaan kertas F4 untuk pencetakan dokumen antara lain pada surat resmi, laporan, formulir, diktat, dsb.

 

Perbedaan Ukuran Kertas A4 dan F4

Ukuran kertas F4 Indonesia (ukuran kertas folio) lebih lebar dan lebih tinggi daripada ukuran kertas A4. Lebar kertas A4 adalah 210 mm sedangkan lebar kertas F4 adalah 215 mm, artinya kertas F4 lebih lebar 5 mm dibandingkan dengan kertas A4. Tinggi kertas A4 adalah 297 mm sedangkan tinggi kertas F4 adalah 330 mm, sehingga kertas F4 lebih tinggi 33 mm. Anda bisa membuat kertas A4 dari kertas F4 dengan memotong 5 mm lebarnya dan 33 mm tingginya.

Ukuran kertas A4 dan F4