Tekanan Ban Mobil Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Ertiga

Tekanan angin pada ban mobil mempengaruhi performa laju kendaraan, kenyamanan, sekaligus keamanan berkendara. Pada dasarnya pabrik mobil telah menentukan tekanan ban standar untuk tiap tipe mobil yang diproduksi. Hal ini tentu saja telah mempertimbangkan aspek teknis bersesuaian dengan spesifikasi mobil tersebut.

Secara umum, tekanan angin pada ban mobil mengakomodasi bobot kendaraan. Oleh karena itu tekanan kendaraan dalam spesifikasi adalah untuk penggunaan standar. Jika mobil mengangkut beban dengan kakapasitas maksimal, maka tekanan ban masih bisa diubah sampai batas kapasitas maksimal pula.

Tekanan ban perlu diperhatikan karena dapat berkurang tanpa anda sadari. Tekanan dapat berkurang seiring waktu terutama jika mobil anda digunakan setiap hari dalam jarak tempuh yang relatif jauh. Oleh kaena itu pengecekan tekanan ban perlu dilakukan secara berkala.

Setiap pemilik mobil atau pengemudi sebaiknya mengetahui tekanan standar ban mobil yang dikendarainya. Hal ini untuk memastikan bahwa tekanan ban kendaraaan tersebut dalam kondisi yang sesuai. Jika tekanan ban berkurang, segera sesuaikan dengan tekanan dalam batas yang aman dan nyaman. Anda dapat mengecek sendiri tekanan ban mobil dengan alat ukur yang tekanan ban yang sederhana.

Salah satu merk kendaraan yang dominan di Indonesia baik untuk kendaraan niaga maupun kendaraan pribadi adalah Suzuki. Tekanan ban mobil Suzuki berbeda-beda bergantung tipenya. Berikut ini tekanan ban untuk beberapa tipe mobil Suzuki Ertiga.

Nama Ertiga sendiri berasal dari gabungan huruf “R” (singkatan dari ‘Row’ atau baris) dan kata “tiga”. Ertiga maksudnya adalah 3 baris seat yang merujuk pada mobil MVP dengan 7 tempat duduk (seat). Mobil kelas ini adalah salah satu yang paling banyak diminati konsumen Indonesia karena akomodatif terhadap lebih banyak penumpang dan barang bawaan.

 

Informasi Tekanan Ban Mobil Ertiga

Anda dapat mengecek informasi mengenai tekanan ban (tire pressure) mobil Suzuki Ertiga di sisi pintu driver bagian dalam, tepat di sisi sandaran tempat duduk driver. Informasi berupa stiker seperti pada gambar.  Keterangan mengenai informasi tersebut adalah sebagai berikut.

 

Tekanan Ban Standar Mobil Ertiga

Mobil Ertiga dengan 1 – 4 Penumpang Plus Barang

  • Tekanan ban depan 29 psi (200 kPa atau 2,0 kgf/cm2)
  • Tekanan ban belakang 29 psi (200 kPa atau 2,0 kgf/cm2)

Mobil Ertiga dengan 5 – 7 Penumpang Plus Barang

  • Tekanan ban depan 32 psi (220 kPa atau 2,2 kgf/cm2)
  • Tekanan ban belakang 38 psi (260 kPa atau 2,6 kgf/cm2)

Catatan: Tekanan ban tersebut berlaku untuk ukuran ban 185/65R15 88H dan velk 15 x 5 1/2J.