Ukuran Amplop untuk Kertas A4 (Kuarto)

Amplop untuk kertas A4

Meskipun saat ini sudah memasuki era dokumen digital, namun dokumen fisik masih tetap digunakan. Pengelolaan dokumen fisik lebih membutuhkan perhatian karena rentan mengalami kerusakan. Oleh karena itu penyimpanan dan pengemasan dokumen fisik harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana.

Dokumen fisik berupa berkas biasanya disimpan atau dikirim dalam wadah tertutup berupa amplop. Untuk dokumen formal biasanya berkas tersebut dimasukkan ke amplop dalam keadaan utuh artinya tidak dilipat. Oleh karena itu ukuran amplop yang digunakan harus sedikit lebih besar dari ukuran kertas berkas yang disimpan dalam amplop tersebut.

Berkas disimpan di dalam amplop untuk beragam fungsi. Surat atau berkas yang dikirim melalui kantor pos atau paket pengantaran dimasukkan ke dalam amplop untuk alasan kerahasiaan, keamanan, dan kebersihan. Dalam administrasi perkantoran, kadang berkas dimasukkan dalam amplop untuk klasifikasi dan pelabelan. Tidak jarang, berkas dimasukkan dalam amplop bersama-sama dengan dokumen lain atau barang lainnya.

Kertas A4 digunakan sebagai ukuran standar kertas untuk pencetakan dokumen formal. Kertas ukuran A4 sering disebut juga dengan kertas ukuran kuarto. Amplop apakah yang sesuai untuk menyimpan dokumen atau berkas berukuran A4? Berikut pembahasannya.

 

Kertas Ukuran A4

Ukuran kertas dinyatakan dalam format W x H (width x hight) atau lebar x tinggi. Kertas A4 berukuran 210 mm x 297 mm (21 cm x 29,7 cm). Dalam satuan inch, kertas A4 berukuran 8,27 inch x 11,69 inch.

 

Amplop Untuk Kertas A4

Amplop khusus untuk kertas A4 adalah amplop C4. Amplop C4 memiliki ukuran lebar x tinggi =  229 mm x 324 mm (22,9 cm x 32,4 cm). Dalam satuan inch, amplop ukuran C4 berukuran 9,0 inch x 12,8 inch.

Amplop C4 dan kertas A4

Secara tradisional surat pos dikirim dengan dilipat. Dalam hal ini amplop yang digunakan bisa berukukran lebih kecil dari ukuran kertas A4. Ada banyak ukuran amplop yang tersedia di pasaran untuk mengakomodasi berbagai keperluan pengemasan berkas dokumen. Tabel berikut menunjukkan daftar ukuran amplop standar selengkapnya.

Tabel ukuran standar amplop

Jika dokumen boleh dilipat, ada beberapa alternatif ukuran amplop yang dapat digunakan. Biasanya dokumen yang bisa dilipat berupa surat atau berkas dengan jumlah lembar sedikit. Berikut beberapa ukuran amplop yang dapat digunakan untuk kertas ukuran A4 yang dilipat.

  • Amplop DL berukuran 110 mm x 220 mm dapat memuat kertas A4 yang dilipat tiga
  • Amplop C6 berukuran 114 mm x 162 mm dapat memuat kertas A4 yang dilipat dua kali
  • Amplop C5 berukuran 162 mm x 229 mm dapat memuat kertas A4 yang dilipat dua