Ukuran Buku Gambar A3, A4, dan A5

Buku gambar A3

Siapapun pasti pernah menggambar. Membuat gambar bisa jadi merupakan bagian dari keterampilan atau bakat. Orang yang suka menggambar cenderung lebih terampil dalam menggambar. Menggambar dapat menjadi bagian dari seni, profesi, hiburan, bahkan terapi.

Menggambar adalah salah satu pelajaran wajib pada pendidikan usia dini sampai sekolah menengah atas. Ada banyak manfaat dari pelajaran menggambar. Oleh karena itu pelajaran menggambar adalah salah satu pelajaran wajib di sekolah, dan umumnya merupakan bagian pelajaran seni rupa.

Menggambar memberikan banyak manfaat bagi anak-anak pada usia dini. Menggambar pada anak usia dini merupakan bagian dari metoda pembelajaran. Selain itu menggambar pada anak-anak usia dini juga bertujuan membangkitkan imajinasi, meningkatkan keterampilan motorik kasar dan motorik halus, serta mengembangkan kreatifitas.

Pada sekolah dasar dan sekolah menengah, menggambar merupakan bagian dari pelajaran seni. Meskipun tidak semua orang memiliki kesukaan menggambar, namun keterampilan dalam menggambar dapat mendukung aktivitas atau profesi tertentu. Untuk orang yang akan menekuni profesi yang berkaitan dengan aktivitas menggambar seperti desainer, arsitek, insinyur, dsb tentu saja harus memiliki keterampilan menggambar yang memadai.

Banyak media yang dapat digunakan untuk menggambar. Buku gambar adalah media konvensional dan sederhana untuk menggambar dan membuat sketsa. Beberapa media gambar lainnya antara lain kanvas, kaca, porselin, keramik, tembok. Media gambar yang paling modern adalah layar digital, dimana pelukis dapat menggunakan komputer, tablet, atau telpon seluler untuk menggambar. Dunia internet turut mendorong berkembangnya seni gambar digital dengan menyediakan aplikasi menggambar online, galeri online, dan tempat penyimpanan online.

Buku gambar masih digunakan sebagai media menggambar untuk tujuan pembelajaran. Ada beberapa ukuran buku gambar yang umum di pasaran. Ukuran buku gambar yang paling banyak kita jumpai adalah ukuran A3, A4, dan A5. Berikut ukuran panjang x lebar buku gambar A3, A4, dan A5.

 

Ukuran Buku Gambar A3

Ukuran buku gambar A3 dalam millimeter adalah 420 mm x 297 mm
Ukuran buku gambar A3 dalam centimeter adalah 42 cm x 29,7 cm
Ukuran buku gambar A3 dalam inch adalah 16,54 inch x 11,69 inch

Ukuran buku gambar A3

 

Ukuran Buku Gambar A4

Ukuran buku gambar A4 dalam millimeter adalah 297 mm x 210 mm
Ukuran buku gambar A4 dalam centimeter adalah 29,7 cm x 21 cm
Ukuran buku gambar A4 dalam inch adalah 11,69 inch x 8,27 inch

Ukuran buku gambar A4

 

Ukuran Buku Gambar A5

Ukuran buku gambar A5 dalam millimeter adalah 210 mm x 148 mm
Ukuran buku gambar A5 dalam centimeter adalah 21 cm x 14,8 cm
Ukuran buku gambar A5 dalam inch adalah 8,27 inch x 5,83 inch

Ukuran buku gambar A5

 

Perbandingan Ukuran Buku Gambar A3, A4, dan A5

Ukuran Buku gambar A3 = 2 kali ukuran buku gambar A4
Ukuran buku gambar A4 = 2 kali ukuran buku gambar A5
Ukuran buku gambar A3 = 4 kali ukuran buku gambar A5